Suasana Silaturahmi KNPI Kalbar Bersama KNPI Sekadau Yang Dihadiri Sejumlah Anggota DPRD Sekadau (Foto: Mus)
Suasana Silaturahmi KNPI Kalbar Bersama KNPI Sekadau Yang Dihadiri Sejumlah Anggota DPRD Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Guna mempererat silaturahmi dan meningkatkan konsolidasi, KNPI Kalimantan Barat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah DPD Kabupaten/kota, salah satunya di DPD Kabupaten Sekadau, dimana kegiatan konsolidasi berlasung di Victoria Cafe, komplek Pasar Baru Sekadau, Jum’at (10/3/2017).

Ketua KNPI Sekadau, Jonveri, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan berterima kasih atas kunjungan Ketua KNPI Kalimatan Barat ke Kabupaten Sekadau.

“Kunjungan dan bentuk pembinaan ini sangatlah kita harapkan selama ini, bentuk kepedulian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih,” ucap pria yang akrab disapa Jon ini.

Jon menambahkan bahwa kunjungan seperti ini sangat berarti bagi KNPI di daerah khususnya Kabupaten Sekadau.

“Berbagai program sudah dipersiapkan setelah Musda beberapa bulan yang lalu. Meski kepengurusan sudah kita persiapakan jauh – jauh hari namun ada beberapa hal yang menjadi kendala salah satunya pemberian SK. Terpilih melalui Musda dulu saja sampai sekarang belum dilantik, bagimana kita berikan SK pada pengurus,” tutur Jon, curhat.

Silfanus Usel selaku Bendahara KNPI Kabupaten Sekadau menambahkan bahwa sejauh ini KNPI di Sekadau sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah serta tokoh masyarakat dalam menjalankan program kepemudaan di Sekadau.

“Salah satunya kita sudah membentuk kepengurusan, dan koordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga, untuk membicarakan Sekretariat KNPI (Rumah Pemda) hal tersebut di sambut baik oleh Dinas dan Pemkab, mudah – mudahan dalam waktu dekat dapat terlialisasi,” jelasnya.

Sementara Ketua KNPI Kalimantan Barat, Murat, SE mengaprisasi sambutan Ketua KNPI dan angota kepengurusan KNPI Kabupaten Sekadau.

“Terimakasih sambutan hangatnya, kami berserta tim KNPI Kalimantan di Sekadau, dengan penuh harapan hubungan KNPI Kalbar ke daerah tetap terjalin dengan baik,” ujarnya.

Murat menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya ke Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat, selain silaturahmi, kunjungan ini juga bertujuan melakukan pembinaan atas program – program kedepan organisasi Kepemudaan di Kalimantan Barat.

“Mengingat dan menimbang Musda di Kabupaten Sekadau sudah terhitung lama, untuk itu konsolidasi terkait pelantikan Ketua terpilih, bersama kepengurusan inti sampai ke kecamatan untuk di desak pembentukan kepengurusan,” jelasnya.

Ia juga berjanji dalam waktu dekat, pelantikan ketua terpilih beberapa waktu lalu akan dilaksanakan di 12 Kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

“Jadi yang belum ada tinggal dua kabupaten yakni Kapuas Hulu dan Singkawang, mudah mudahan dalam waktu dekat ini akan terbentuklah,” harapnya.

Menindaklanjuti terkait Isu yang berkembang akhir – akhir ini, ada pembentukan KNPI Kalimantan Barat yang baru dan muncul ke publik. Untuk itu, ia menyarankan agar KNPI Kabupaten/Kota khususnya di Kabupaten Sekadau tidak goyah.

“Perlu diketahui, baru – baru ini ada KNPI baru, yang kelahirannya pada tahun 2015 sedangkan KNPI kita terbentuk sejak 1973. Untuk itu saya tegaskan jangan ada perpecahan, khususnya di Kabupaten Sekadau ini dengan kehadiran KNPI yang lain,” tegasnya.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Abun Tono yang juga hadir di tengah – tengah silaturahmi KNPI Kalbar dan pengurus KNPI Sekadau mengatakan bahwa pihaknya mendukung semua organisasi di Kabupaten Sekadau, termasuk KNPI.

“Asal tujuannya baik, dan membangun, kita tetap dukung, bahkan setiap anggaran yang masuk ke DPRD selalu kita kawal bila perlu di tambah, hanya saja karna keadaan APBD Sekadau masih kecil jadi kita tetap menyesuaikan anggaran yang ada,” ujar Politisi Hanura Kabupaten Sekadau itu.

Hal senada juga disampaikan oleh Liri Muri, SE yang merupakan anggota DPRD yang aktif di organisasi kepemudaan ini menyatakan bahwa pihaknya mengapresiasi keberadaan organisasi kepemudaan di Sekadau.

“Harapan dengan kehadiran KNPI bisa membimbing dan membina, sosial dan moral kalangan muda di Sekadau, selain itu pemuda adalah generasi penerus bangsa dan negara khususnya di Sekadau, untuk itu peran pemuda juga kita harap dapat mengawal kebijakan, dan progaram Pemerintah Daerah, hal tersebuat demi kemajuan Sekadau juga,” tukasnya.

Sementara Welbertus Welly, Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau juga mendukung kehadiran KNPI, ia berharap organisasi kepemudaan tersebut dapat berkerjasama dengan tokoh masyarakat di Sekadau.

“Generasi muda tanggung jawab kita semua, untuk itu koordinasi dengan tokoh masyarakat adat perlu terjalin dengan baik, selain dalam membina pemuda Sekadau, kita juga perlu mengawasi pemerintah daerah agar tidak keluar dari rel, tujuannya adalah menjadikan pemuda yang baik dan kreatif, serta untuk Kabupaten Sekadau maju dan berkembang adalah impian kita semua,” pungkasnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY