Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Ilustrasi Ekonomi (Foto: MD Group)
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Ilustrasi Ekonomi (Foto: MD Group)

KalbarOnline, Pontianak – Event Gowes Pesona Nusantara merupakan program pemerintah pusat melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan memanfaatkan olahraga bersepeda sembari mengunjungi destinasi wisata di berbagai wilayah Indonesia.

Di Provinsi Kalimantan Barat sejumlah daerah seperti Kota Pontianak, Kota Singkawang, dan Kabupaten Kayong Utara ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Khusus di Kota Pontianak, penyelenggaraan dilakukan langsung oleh Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) bekerjasama dengan Tribun Pontianak.

Lokasi tempat penyelenggaraan direncanakan akan dilaksanakan di depan Alun-alun Kapuas Pontianak dan akan melewati beberapa rute perjalanan pada 20 Agustus 2017 mendatang. Peserta terdiri dari masyarakat umum maupun pelajar.

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan bahwa Gowes Pesona Nusantara merupakan suatu kegiatan positif yang harus didukung penuh. Terutama untuk meningkatkan daya tarik wisata di Kota Pontianak.

“Apalagi ini merupakan program dari Kemenpora dalam rangka meningkatkan semangat berolahraga dan potensi wisata di daerah masing-masing. Tentu akan kita dukung seluas-luasnya, agar lebih banyak masyarakat Kota Pontianak yang ikut serta,” ujarnya belum lama ini.

Dirinya juga menyatakan bahwa rute yang dilalui ialah tempat yang memiliki sejarah serta destinasi wisata. Oleh karena itu, kegiatan tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Pontianak membangun di kawasan wisata.

“Kita ingin memberikan kenyamanan bagi peserta maupun masyarakat. Saat ini kita konsen memoles kawasan Tugu Khatulistiwa, Keraton, Masjid Jami, dan tempat-tempat wisata kuliner. Semua titik infrastruktur akan kita tingkatkan. Terutama kawasan pinggiran sungai yang menjadi unggulan,” terangnya.

Dirinya juga menyatakan bahwa Pemerintah Kota Pontianak akan memberikan kemudahan dalam publikasi, komunikasi, dan mediasi sampai terlaksana dengan sukses. Apalagi kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat bagi Kota Pontianak.

“Komunitas sepeda kita sudah banyak, bahkan komunitas ini rutin hadir setiap kita adakan event, dan tentunya nanti akan kita gandeng. Kita juga minta komunitas menjadikan kegiatan serupa Gowes Pesona Nusantara bisa diinisiasi lagi dari komunitas, dan pemerintah siap mendukung,” tutupnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY