Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Memimpin Upacara Sertijab Camat Semparuk (Foto: Hms)
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Memimpin Upacara Sertijab Camat Semparuk (Foto: Hms)

KalbarOnline, Sambas – Giliran Camat Semparuk, Jumli dan Camat Tebas, Agustian mendapat arahan langsung oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, pada Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat, belum lama ini.

Upacara Sertijab Camat Semparuk digelar di Ruang Pertemuan Kantor Camat Semparuk dan Sertijab Camat Tebas, di Gedung Serba Guna Kecamatan Tebas, Jum’at siang.

Kedua camat tersebut, Bupati tegaskan agar amanah dengan jabatan camat yang diemban.

“Camat harus menjadi pionir menghadirkan rasa aman, nyaman dan damai bagi masyarakatnya. Jangan ada diskriminasi, layani semua golongan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Memimpin Upacara Sertijab Camat Tebas (Foto: Hms)
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Memimpin Upacara Sertijab Camat Tebas (Foto: Hms)

Atbah mengingatkan agar seorang Camat harus mampu berbuat adil kepada semua. Dia meminta, Camat bisa hadir sebagai penengah dalam setiap permasalahan.

“Jaga agar konflik yang ada bisa reda. Upayakan jangan sampai konflik berlarut-larut, Camat harus cekatan, sigap, antisipatif dan cepat bertindak meredam permasalahan yang ada,” pintanya.

Bupati mengingatkan, Camat harus mampu mengajak kelompok yang mayoritas menjaga yang minoritas dengan penuh kasih dan sayang. Sebaliknya, Atbah Romin Suhaili mengharapkan yang minoritas wajib menghormati semua aspek terhadap yang mayoritas.

“Islam itu rahmat bagi seluruh alam, jadi hadirkan kasih sayang, jangan mau kita dipecah belah. Kita semua harus menjaga keutuhan NKRI,” tuturnya.

Bupati turut menegaskan, para pejabat termasuk Camat jangan sampai melakukan tindak pidana korupsi. Dia menekankan bahwa amanah yang diberikan dalam setiap jabatan itu adalah berat jika tidak dihadirkan dengan keimanan terhadap Allah SWT.

“Jangan sampai menyesal ketika di Akhirat, lebih baik jika menyesal di Dunia, pejabat dipenjara, dari pada menyesal di akhirat, api neraka balasannya,” ingat Bupati.

Secara khusus Atbah meminta Jumli memperbaiki paradigma pelayanan publik. Katanya, ASN kecamatan harus bangga sebagai pelayan masyarakat.

“Sebagai ASN harus memiliki kebanggaan, enerjik dan memiliki rasa puas jika mampu menghadirkan pelayanan yang prima bagi masyarakat,” terangnya.

Sedangkan pada camat Tebas, Atbah yakin pengalaman Agustian memimpin Pemangkat bisa ditularkan untuk Kecamatan Tebas. Dia percaya Agustian termotivasi dengan tantangan yang ada.

“Tebas memiliki karakter yang unik, saya harapkan Camat Agustian mampu membawa perubahan positif bagi kecamatan Tebas,” pesannya. (Luk)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY