Ilustrasi Bisnis (Foto: Ist)
Ilustrasi Bisnis (Foto: Ist)

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan kerjasama Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Sekadau.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dibuka secara langsung oleh Bupati Sekadau, Rupinus yang dilaksanakan di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan, Rabu (12/4).

Adapun tujuan kegiatan tersebut merupakan upaya mendorong pemberdayaan usaha mikro yang ada agar bermanfaat bagi masyarakat kecil.

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan bahwa dalam upaya pengembagan jaringan kerjasama, pelaku usaha mikro diberikan wawasan yang luas dengan daya saing yang memadai. Sehingga, kata Mantan Camat Nanga Mahap ini, dibutuhkan dukungan oleh segenap elemen masyarakat pembentuk usaha mikro.

“Tentunya dengan terhubungnya pola usaha global dengan sistem bisnis dan ekonomi yang lebih luas, mengharuskan pelaku usaha mengembangkan jaringan kerjasama,” ujarnya.

Dalam menghadapi tantangan globalisasi, menurut orang nomor 1 (satu) di Bumi Lawang Kuari ini, usaha mikro harus diberdayakan agar mampu bersaing dengan pelaku bisnis lainnya serta diperlukan penguatan daya saing, jaringan usaha yang bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi dan efesiensi, hingga memperluas pangsa pasar.

“Langkah awal yang perlu dilakukan adalah merubah budaya bisnis, setelah tumbuhnya kesadaran untuk bekerjasama maka perlu disiapkan para pialang. Sehingga nantinya dapat menjembatani pihak-pihak yang akan melakukan kerjasama usaha,” imbuhnya.

Dirinya juga menekankan pemekaran jaringan usaha mikro yang diupayakan untuk membentuk sinergi secara kolektif dalam mengantisipasi pengaruh dan asosiasi pengusaha yang biasanya melindungi kepentingan pengusaha dan hanya bermotif keuntungan.

Selain dari pada itu, lanjutnya, ketersediaan jaringan usaha mikro yang memadai akan membantu meningkatkan posisi tawar usaha mikro terhadap institusi dan lembanga keuangan swasta hingga pemerintah.

“Lingkungan ekonomi makro itu memuat enam lingkungan yang mempengaruhi perekonomian daerah, seperti demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik hingga budaya. Saya harap semua dapat memberikan kontribusi yang masimal agar pemberdayaan terhadap usaha mikro tidak sia-sia. Sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kecil,” pungkasnya. (Mus/Iwas)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY