Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Sekadau, Giat Anshorrahman (Foto: Mus)
Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Sekadau, Giat Anshorrahman (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Pelaksaan Ujian Nasional tingkat SMA/MA/SMK dan sederajat, dilaksanakan pada April 2017. Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Sekadau, Giat Anshorrahman berharap penyelenggaraan UN dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga Ujian Nasional di Sekadau tahun ini berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Namun, ia juga mengimbau agar pihak pelaksana UN di masing-masing sekolah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi bilamana ada kendala pada saat pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung.

“Pihak pelaksana UN di harus siap dan sigap bilamana terjadi kendala pada saat Ujian Nasional. Perlu ada antisipasi dari pihak sekolah, terutama sekolah yang melaksanakan UNBK,” pintanya.

Ia juga berharap berharap persiapan ujian nasional harus sudah rampung dan tertata rapi.

“Kami berharap panitia melakukan persiapan dengan rapi. Agar kesalahan yang biasa terjadi seperti kekurangan soal dan lembar jawaban tidak terjadi. Apalagi yang melaksanakan UNBK, listrik, komputer, jaringan internet dan servernya harus benar-benar diperhatikan agar pada saat hari Ujian tidak ada kendala,” timpalnya.

Mahasiswa Prodi pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak ini juga meminta agar dinas terkait mengawal penyelanggaraan Ujian Nasional ke daerah-daerah.

“Tentu Dinas Pendidikan harus terlibat aktif pada saat penyelenggaraan ujian nasional, kalau bisa turun langsung memantau ke sekolah-sekolah terutama yang di daerah. Agar nantinya Ujian Nasional ini bisa berjalan sebagaimana mestinya,” tukasnya.

Ia beranggapan apabila dinas terkait turun ke lapangan, kendala atau permasalahan dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini bisa menjadi bahan evaluasi kedepan agar sistem Ujian Nasional kedepan lebih baik dan dapat disempurnakan kedepannya.

Ia juga mengimbau kepada peserta tidak tertekan pada saat mengikuti Ujian Nasional.

“Ujian Nasional tidak hanya menguras pikiran dan tenaga. Tapi juga mempengaruhi mental. Saya berharap adek-adek tidak tertekan pada saat mengikuti Ujian Nasional, jangan pikir lulus atau tidaknya dulu. Adek-adek hanya perlu berusaha pada saat mengisi soal agar mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY