Ketua PKK Kubu Raya, Hj Endang Indrawati (Foto: ian)
Ketua PKK Kubu Raya, Hj Endang Indrawati (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2017, merupakan cerminan adanya kesungguhan Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah, untuk ikut membantu mewujudkannya keluarga sejahtera.

Terpilihnya, Desa Mekar Sari dan Desa Kuala Dua menjadi wakil Kabupaten Kubu Raya dalam lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan untuk tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2017. Kegiatan penilaian lomba tersebut dihadiri oleh Ketua PKK Kubu Raya Hj Endang Indrawati dan Wakil Ketua PKK Kubu Raya Alberta Jeniart Mana’o.

Endang mengatakan bahwa kegiatan lomba ini merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan PKK, khususnya dalam mensukseskan program Keluarga Berencana dan Pembangunan di bidang kesehatan.

Pada dasarnya PKK Kubu Raya dengan 10 program pokoknya telah dapat memberikan andil yang cukup berarti bagi kesuksesan dalam pelaksanaan Program KB maupun program lain di bidang kesehatan.

Dengan dukungan berbagai lintas sektoral, kegiatan ini memfokuskan pada kelompok swadaya masyarakat, PKK dan Instansi KB-Kesehatan di Desa, dengan para kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

“Kami juga sering melakukan sosialisasi mengenai Kontrasepsi, Kelompok BKB (Bina Keluarga Balita) menjadi BKB Holistik, yaitu kelompok bina keluarga yang terintegrasi dengan PAUD dan Posyandu,” ujarnya, Kamis (16/2) kemarin.

Endang mengungkapkan bahwa kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan sudah dilakukan sebelumnya untuk tingkat Kabupaten. Kemudian yang terbaik di Kabupaten menjadi wakil kabupaten di tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Perlombaan tersebut di isi dengan nilai berupa Pelakasanaan lomba terbaik, pelakasanaan posyandu, pelakasanaan prilaku hidup bersih dan sehat, serta lingkungan bersih dan sehat. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY