DSPMD Kubu Raya Fasilitasi Pengembangan Organisasi Karang Taruna (Foto: Ian)
DSPMD Kubu Raya Fasilitasi Pengembangan Organisasi Karang Taruna (Foto: Ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebanyak 30 organisasi Karang Taruna dari Sembilan Kecamatan Kabupaten Kubu Raya menerima bantuan secara simbolis berupa bibit pohon durian, lengkeng, mangga, serta pupuk organik.

Pemberian bibit tersebut diberikan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kubu Raya dalam kegiatan fasilitasi pengembangan organisasi Karang Taruna di ruang pertemuan Hotel Harmony Inn Sungai Raya Dalam, Rabu (6/12).

“Kita juga berharap agar Pemerintah Desa ikut memberdayakan organisasi Karang Taruna ini disamping ini juga menjadi tugas Pemerintah Kabupaten serta dinas-dinas terkait baik dari DSPMD, Perikanan, Pertanian serta para element masyarakat. Agar organisasi Karang Taruna ini bisa hidup kembali,” ucap Kepala Bidang Sosial DSPMD Kubu Raya, Muhammad.

Menurut dia pentingnya organisasi Karang Taruna di suatu wilayah Desa mencerminkan semangat kepemudaan di daerah tersebut. Yang apabila para pemudanya, amburadul atau berantakan maka akan terjadi kehancuran moral di Desa itu. Tetapi apabila para pemudanya ada aktifitas, seperti kegiatan sosial, keagamaan maka daerah itu pasti maju.

“Kesuksesan suatu wilayah tergantung pemudanya. Suatu wilayah apabila para pemudanya amburadul, berkelakuan jahat dan sebagainya maka hancurlah Desa itu. Tetapi kalau para pemudanya bagus ada aktifitas seperti kegiatan sosial, kegiatan agama, Insha Allah daerah itu maju,” kata dia

Ia mencontohkan beberapa daerah di pulau Jawa, organisasi Karang Taruna ini sangat diharapkan oleh masyarakat.Kehadiran Karang Taruna disana dapat memberikan praktek nilai-nilai sosial pemberdayaan kepemudaan dalam kehidupan bermasyarakat. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY