M Haris Zulkarnain, Pendiri Laboratorium Politik MHZ Library (Foto: Fat)
M Haris Zulkarnain, Pendiri Laboratorium Politik MHZ Library (Foto: Fat)

KalbarOnline, Opini – Kata-kata Dream Big, Work Hard and Never Give Up ini saya ketahui dari  Pilgub DKI 2017. Pasangan Nomor Urut 1 Agus-Sylvi menggunakan slogan ini pada atribut kampanyenya, meski saya bukanlah pendukungnya, Tapi kata-kata itu saya baca, pahami dan punya arti.

Dream Big (Mimpi Besar) adalah hal yang harus dimiliki bagi generasi muda yang berkeinginan untuk maju, Work Hard (Bekerja Keras), untuk merealisasikan mimpi perlu kerja keras untuk meraihnya, meski setiap perjuangan tidaklah mudah, yakinlah pada kemampuan diri sendiri menghadapinya.

Never Give Up (Jangan Menyerah), meski kesuksesan itu relatif, kita harus bersikap ksatria, ketika berhasil jangan sombong, kalah harus menerima. Dan semua ada konsekuensi serta evaluasi yang harus dilakukan agar kedepan bisa lebih baik lagi.

Saya pernah gagal dalam sebuah pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa saat S1 kemarin tepatnya pada 2015, meski kalah saya bersyukur karena pernah mencoba dan memberikan yang terbaik.

Saya mengakui dan mengucapkan selamat kepada kandidat yang terpilih, tetapi saya ingin mengambil jalan lain dengan sebuah pilihan? Pilihan untuk mengevaluasi diri dan mengambil hikmahnya.

Dan hal tersebut konsisten dilakukan hingga tiba Musyawarah Besar berikutnya. Setiap orang pastinya pernah menemui masa sulit, saya bersyukur pernah mengalami masa sulit saat itu, sehingga Laboratorium Politik MHZ Library bisa terbentuk berkat dari hasil evaluasi yang saya alami.

Strata 1 (S1) baru saja saya tuntaskan di Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak selama 4 tahun (2012-2016) Prodi Ilmu Politik, Judul Skripsi Mengenai “Marketing Politik”.

Menyandang gelar “Fresh Graduate” tentu bukanlah hal mudah, karena tantangan bangsa semakin rumit kedepan. Banyak hal-hal dinamis yang terus terjadi dalam kehidupan ini terutama dalam meraih cita-cita.

Ada keluarga yang harus ditinggalkan, berjuang ditempat rantau untuk bisa sukses, serta membuka relasi. Perlu tekad dan perjuangan yang sungguh-sungguh selama berproses.

Perihal waktu. juga tanpa terasa banyak hal-hal yang terus berlalu. Rotasi waktu yang berjalan setiap hari tanpa terasa, hari demi hari, minggu, bulan hingga tahun. Semua akan berlalu begitu saja jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

Kelalaian waktu di masa muda berarti penyesalan yang akan datang. Dan peluang datang tidak berkali-kali, kita harus berani All Out dari zona nyaman untuk berjuang meraihnya.

Dalam berjuang saya meyakini dengan bersama kejujuran, semangat juang dan tidak khianat, Insha Allah perjuangan akan lebih bernilai, meskipun hanya akan menghasilkan dua konsekuensi yaitu berhasil atau gagal.

Dan tentunya perubahan memerlukan pengorbanan, semakin besar harapan maka semakin besar perjuangan yang harus dilakukan. Kita harus bangga bisa berproses secara bertahap.

Penulis : M. Haris Zulkarnain, S.Sos (Pendiri Laboratorium Politik MHZ Library, Alumni Prodi Ilmu Politik Fisip Untan dan Calon Mahasiswa Magister Ilmu Politik)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY