Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Saat Menyerahkan Penghargaan Terbaik I Pekan Inovasi Daerah Kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak, Uray Indra Mulya (Foto: Jim Hms)
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Saat Menyerahkan Penghargaan Terbaik I Pekan Inovasi Daerah Kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak, Uray Indra Mulya (Foto: Jim Hms)

Edi : Terus Berinovasi Untuk Pelayanan yang Terbaik

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak ditetapkan sebagai inovasi terbaik pertama kategori badan, dinas, kantor dan BUMD. Ditetapkannya Diskominfo Kota Pontianak sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan inovasi terbaik ini saat penutupan Pontianak Expo Pameran Pekan Laboratorium Inovasi Daerah dan Pameran Produk Unggulan dan Khas Daerah dalam rangka Hari Jadi Kota Pontianak ke-246 di Pontianak Convention Center, Selasa (24/10).

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, kegiatan ini patut dijadikan sebagai agenda tetap tahunan. Dirinya berharap memalui Pekan Inovasi Daerah ini pula menjadi evaluasi untuk tata kelola pemerintahan yang lebih baik kedepan.

Sebagaimana diketahui, Pontianak sudah ditetapkan sebagai laboratorium inovasi daerah. Tentunya, kata dia, ini merupakan suatu semangat untuk jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, bagaimana terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Inovasi kita lakukan karena kita dihadapkan oleh masalah-masalah yang selalu muncul setiap waktu,” sebutnya saat memberi sambutan sebelum menutup Pameran Pekan Inovasi Daerah.

Menurutnya, permasalahan tersebut akan semakin kompleks disebabkan beberapa faktor, diantaranya bertambahnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun, permasalahan keterbatasan SDM yang mempunyai kompetensi dan daya saing dan berbagai hal lainnya. Beranjak dari sini, diperlukan sebuah inovasi dan kreatifitas supaya lebih efisien, mudah, cepat dan murah dalam segala hal.

“Sebab tanpa kita sadari selama ini yang membuat hal itu semakin rumit adalah dari kita sendiri. Makanya kita harus terus berinovasi untuk semakin mempermudah dan percepatan dalam memberikan pelayanan,” ujar Edi.

Orang nomor dua di Kota Pontianak ini mendorong semua jajaran Pemkot Pontianak terus berinovasi dalam berbagai hal. Inovasi tidak hanya berhadapan dengan masyarakat saja, pelayanan administrasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pun sudah harus menerapkan inovasi.

Misalnya, banyak ASN yang mengeluh ketika akan mengurus administrasi kepegawaiannya sebab tanpa disadari terkadang terlewatkan jika tidak diingatkan seperti kenaikan pangkat dan sebagainya.

“Nah, OPD terkait harus melakukan inovasi bagaimana caranya supaya hak-hak sebagai ASN bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Pontianak Expo Pameran Pekan Inovasi Daerah dan Pameran Produk Unggulan Khas Daerah ditutup dengan pengumuman pemenang Inovasi Terbaik kategori Badan, Dinas, Kantor dan BUMD adalah Diskominfo Kota Pontianak Terbaik I, Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak Terbaik II dan Terbaik III diraih Dinas Perhubungan Kota Pontianak.

Kategori Kecamatan dan Kelurahan diraih Kelurahan dan Kecamatan Pontianak Kota Terbaik I, Kelurahan dan Kecamatan Pontianak Barat Terbaik II dan Kelurahan dan Kecamatan Pontianak Timur Terbaik III.

Sedangkan kategori UPTD dan UPK Puskesmas, UPTD Puskesmas Pontianak Barat Terbaik I, UPK Puskesmas Siantan Hulu Terbaik II dan UPTD Puskesmas Kecamatan Pontianak Kota Terbaik III. (Fat/Jim Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY