Ilustrasi Bandara (Foto: Ist)
Ilustrasi Bandara (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, MH Munsin berharap masyarakat Kota Singkawang mendukung pembangunan Bandara yang saat ini sedang berproses.

“Sebab dampaknya sangat besar bagi masyarakat Singkawang dan Kalbar, jadi rencana pembangunan Bandara ini harus didukung penuh oleh masyarakat,” ujarnya.

Satu diantara bentuk dukungan yang diharapkan adalah agar masyarakat kota setempat yang lahannya masuk dalam rencana kawasan bandara dapat memberikan kemudahan bagi Pemkot setempat untuk proses pembebasannya.

“Untuk biaya ganti rugi lahan, ya jangan ditekan terlalu tinggi harganya. Kalau harganya tinggi dan pemkot tidak bisa membelinya, jelas pembangunan bandara itu menjadi terhambat,” imbuhnya, seperti dilansir dari Tribun Pontianak.

Menurutnya, dengan adanya Bandara Singkawang, maka orang-orang akan berdatangan untuk melakukan investasi di Kalbar mengingat sudah adanya sarana transportasi yang memadai.

Terlebih lagi apabila pelabuhan internasional sudah jadi, tentu akan memberikan dampak luas bagi pembangunan dan perekonomian masyarakat.

“Bandara Pontianak dimungkinkan tidak akan mampu menampung penumpang, mengingat dalam satu harinya Bandara Supadio mengangkut penumpang 10 ribu sampai 12 ribu penumpang. Makanya, mesti ditunjang dengan Bandara Singkawang,” terangnya.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat Singkawang betul-betul mendukung pembangunan Bandara ini.

“Jangan saling tekan menekan, hasut menghasut akhirnya menghambat pembangunan Bandara,” imbaunya.

Menurutnya, tiga mitra yang tidak bisa lepas dari pembangunan adalah pemerintah, masyarakat dan swasta.

“Ketiga ini yang paling utama,” tandasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY