Suasana Perayaan HUT TNI ke-72 di Makodam XII Tpr (Foto: Ian)
Suasana Perayaan HUT TNI ke-72 di Makodam XII Tpr (Foto: Ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 di Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (5/10).

Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Tri Rana Subekti, mengatakan tema dari HUT TNI ke-72 kali ini merupakan rangkaian penyampaian pesan kepada masyarakat bahwa Kodam XII/Tpr, Lantamal XII, serta Danlanud Supadio siap mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan bersama rakyat TNI kuat ini mengandung arti bahwa kita telah menjadi darah dan daging menjadi napas semua prajurit. Ibarat pepatah mengatakan ikan tanpa air tidak akan hidup, hal itulah yang menyatukan kita dengan kekuatan yang besar bahwa bersama rakyat TNI kuat, tanpa dukungan rakyat tidak akan jadi apa-apa itulah yang menjadi perbedaan dengan negara-negara lainnya,” ucap, Kapendam.

Dikatakan Kapendam, wilayah terotorial perbatasan merupakan wujud nyata dalam segi ancaman NKRI yakni banyaknya pengiriman barang-barang ilegal melalui perbatasan. Hal tersebut diperkuat dengan tertangkapnya penyelundupan narkoba jenis sabu pada tahun ini yang ditotalkan menjadi 55 Kg pada wilayah perbatasan RI-Malaysia.

“Beberapa petugas Satgas yang kita tugaskan yakni Batalyon Inf 643 dan Batalyon Inf 123, para prajurit inilah yang menjaga perbatasan RI-Malaysia. Selain menjaga perbatasan para prajurit juga menjaga penyelundupan-penyelundupan barang ilegal agar tidak masuk ke Negara Indonesia,” jelasnya.

Dirgahayu ke-72 TNI. Semoga makin dekat dengan rakyat, semoga jaya selalu mengawal NKRI. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY