Ilustrasi Membaca (Foto: Ist)
Ilustrasi Membaca (Foto: Ist)

KalbarOnline, Sintang – Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Radimin menerangkan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Sintang.

Bahkan menurutnya, untuk menanamkan minat baca kepada seseorang sejak dini, pihaknya juga sudah menyentuh sampai ke tingkat pendidikan paling bawah yaitu pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK).

Ditambah lagi, lanjutnya, saat ini sudah didukung dua bus bacaan keliling dan sudah terjadwal menjelajahi 17 sekolah di lima kecamatan yaitu Kecamatan Sintang, Sepauk, Dedai, Kelam Permai, dan Sungai Tebelian.

“Seminggu tiga kali kita pergi ke sekolah-sekolah, jalurnya sudah ada, jadwalnya sudah ada dengan dua orang petugas kita,” ungkapnya.

Meski demikian, menurutnya yang belum dijalankan yaitu pembacaan literasi 15 menit ke sekolah-sekolah.

“Ada memang permintaan dari SMA Swasta di Sintang, namun kita belum bisa memenuhi karena terbatasnya SDM kita,” paparnya.

Kedepan, pihaknya akan mendekatkan lebih lagi dengan masyarakat. Tentu bekerjasama dengan pihak-pihak terkait. Misalnya dengan Samsat dan lainnya.

“Kemudian pendekatan kami akan membuat baliho, iklan, dan ke sekolah-sekolah. Bahkan kami juga nanti akan ada MoU dengan Akper Sintang,” paparnya lagi.

Lebih jauh dikatakan Radimin bahwa, apabila tahun depan disetujui anggarannya oleh Bupati, maka di Perpustakaan juga akan buka Sabtu dan Minggu.

“Sampai sekarang kita belum bisa, selain anggaran, SDMnya juga belum. Namun untuk pelayanan, guna menarik pengunjung, Wifi di sini sudah 24 jam,” tandasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY