Kadishub Sekadau, Fendi, Saat Mewakili Bupati Sekadau Meresmikan Kantor Desa Ensalang Sekaligus Membuka Kegiatan Lomba Desa (Foto: Mus)
Kadishub Sekadau, Fendi, Saat Mewakili Bupati Sekadau Meresmikan Kantor Desa Ensalang Sekaligus Membuka Kegiatan Lomba Desa (Foto: Mus)

Bupati: Semoga Dapat Menjadi Motivasi Bagi Desa Lain

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus melakukan peresmian Kantor Desa Ensalang serta pembukaan lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau yang diwakili oleh Kadishub Sekadau, Fendi S.Sos., M.Si, yang dilaksanakan di Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir, Rabu (21/3).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Sekadau, Jefray Raja Tugam, SE, Camat Sekadau Hilir, Hermanto S.Sos., M.Si, Ketua Tim Juri, Miki Hermanto, S.Sos, sejumlah Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Kantor, Wakapolsek Sekadau Hilir, Ipda Jaenudin, Bhabinkamtibmas setempat, Bripka Wendi, Babinsa Koramil 15/Skd, Serda Katiman, Ketua TP PKK beserta anggota, Kepala Desa se Kecamatan Sekadau Hilir dan para tamu undangan lainnya.

Adapun kegiatan tersebut bertemakan ‘Dengan Semangat Kebersamaan dan Gotong royong Kita Wujudkan Desa Ensalang Yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing’

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadishub Sekadau, Fendi mengucapkan selamat kepada Desa Ensalang yang telah mewakili wilayah Kecamatan Sekadau Hilir sebagai desa terbaik dan nantinya akan dipertandingkan dengan 6 (enam) Desa lainnya yang mewakili kecamatan masing – masing.

“Akan mendapatkan gelar desa terbaik se Kabupaten Sekadau. Diharapkan dapat menjadi motivasi kepada desa – desa lain untuk berusaha bersaing untuk membangun kemajuan desanya agar terus maju dan berdaya saing. Pertahankan dan tingkatkan rasa kebersamaan, kita pupuk kembali suasana gotong royong yang ada di desa dan selamat bertanding,” ujarnya.

Berdasarkan peraturan Menteri dalam Negeri RI Nomor 18 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembagan Desa dan Keluarahan, pasal 31 Ayat 2 bahwa perserta perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten adalah agar Desa dan Kelurahan cepat berkembang yang berada di satu wilayah Kabupaten/kota.

Bupati juga menyampaikan bahwa evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan didasarkan atas data dengan instrumen pemantauan serta pengungkap kata dan nilai perkembanganya.

“Hasil perlombaan desa dan kelurahan berdasarkan nilai serta ditambah dengan syarat memiliki Profil Desa selama dua tahun terakhir, memiliki Perda Desa tentang rencana pembangunan jangka menegah dan rencana kerja Pemerintah Desa,” tuturnya.

“Penilaian tingkat Kabupaten Sekadau ini mengunakan instrumen pemantauan diantaranya data dasar desa, Pemerintahan, Kewilayahan, dan kemasyarakatannya,” jelasnya.

Disamping itu, dari semua perlomban tentulah berharap meraih perestasi yang baik namun juara bukanlah satu satunya tujuan dari perlombaan.

“Yang terpenting adalah bagaimana keberlanjutannya program ini dapat dijadikan program bagi pemerintah desa dan masyarakat sehari – hari,” tukas Bupati.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Sekadau melalui Sekretaris DPMD, Miki Hermanto,  S.Sos mengatakan bahwa yang menjadi tujuan perlombaan adalah untuk mengetahui efektifitas tingkat perkembangan desa/kelurahan, kemajuan, kemandirian, berkelanjutan, pembangunan kesejahtran masyarakat serta daya saing desa.

“Pelaksanaan lomba tingkat kabupaten dilaksanakan di tujuh Desa, yakni Desa Landau Apin, Desa Nanga Kiongkang, Desa Nanga Biaban, Desa Padak, Desa Tabuk Hulu, Desa Kumpang Bis, dan hari ini terakir di Desa Ensalang,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Jefray Raja Tugam, SE menyampaikan dukungannya atas digelarnya kegiatan perlombaan desa tersebut.

“Kita di DPRD sangat mendukung kegiatan ini, mudah – mudahan melalui ini, desa menjadi termotivasi untuk terus membangun desanya masing – masing, masyarakat menjadi sejahtera, selain itu desa juga terus bersaing dengan desa yang lainnya, baik masalah pendataan, dan struktur, pembangunan fisik, dan sebagainya, sesuai visi dan misi Bupati Sekadau yakni maju, mandiri, sejahtera berdaya saing bisa terwujud,” tuturnya.

Kades Ensalang, Agustinus Dolar, menyampaikan terimakasih atas terpilihnya desa yang dipimpinnya tersebut menjadi perserta perlombaan desa tingkat Kabupaten Sekadau.

“Desa Ensalang baru berumur 4 tahun, menjadi kebanggaan bagi kami bisa menjadi peserta lomba, harapan melalui lomba ini, kita di desa secara khusus staf lebih termotivasi kerja maksimal, dan kami berharap menjadi juara, namun tim penilailah yang menentukan,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemukulan gong dan pembukaan tirai Kantor Desa sebagai tanda diresmikannya Kantor Desa Ensalang dan dilanjutkan dengan peninjauan hasil pertanian dan perkebunan Desa Ensalang.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar serta tertib. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY