Ilustrasi Banjir di Solok Beberapa Waktu Lalu (Foto: Ist)
Ilustrasi Banjir di Solok Beberapa Waktu Lalu (Foto: Ist)

KalbarOnline, Kubu Raya – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya akan menetapkan siaga banjir pada dua Kecamatan di Kubu Raya yakni Kecamatan Sui Ambawang dan Kuala Mandor B. Hal tersebut disebabkan seringnya intens curah hujan serta keadaan drenase pada titik-titik tertentu, kurang berfungsi.

“Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pontianak, akan turun hujan setiap harinya. Namun pada dua Kecamatan tersebut sudah kita antisipasi melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang ada di Desa Teluk Bakung dan Kubu Padi telah disiagakan, ketika musim hujan yang berkepanjangan,” terang Kepala BPBD Kubu Raya, Mokhtar saat ditemui, Sui Raya, Kamis (26/4).

Terkait dengan antisipasi bencana banjir Mokhtar mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana berupa sejumlah perahu karet dan perahu berbahan fiberglass dengan kekuatan menampung delapan orang dan berdaya 18 Paarde Kraft (PK) serta daya 40 PK.

“Kami juga telah memperkuat para Pokmas yang memang perpanjangan tangan dari BPBD Kubu Raya untuk membantu ketika terjadi bencana banjir hingga ke tahap evakuasi korban banjir,” pungkasnya. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY