Bupati Sintang, Jarot Winarno saat berdialog dengan pegawai Bank BTN (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno saat berdialog dengan pegawai Bank BTN (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Kabupaten Sintang yang memiliki luas hampir mencapai 21.000 kilometer persegi saat ini sudah menggandeng kurang lebih 19 Bank yang ada di Kota Sintang dengan total 39 Kantor baik itu Unit maupun Cabang di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang ini, tepat di hari Senin (10/4/2017), Bupati Sintang meresmikan Kantor Cabang Pembantu Bank Tabungan Negara (BTN) di Sintang yang beralamatkan di Jalan Lintas Melawi.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, kehadiran Bank BTN ini di Kabupaten Sintang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat atau nasabah bank BTN dan mempermudah untuk mendapatkan kredit yang ringan jika ingin memiliki rumah “dengan demikian, perumahan yang murah, perumahan yang sehat, dengan kredit yang bisa dicicil, inilah yang ditunggu, selain masyarakat, PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang saja masih ada yang belum memiliki rumah , sehingga dengan adanya bank BTN ini bisa membantu meringankan beban untuk mendapatkan rumah bisa kredit di BTN ini.” Kata Jarot.

Menurut Jarot, Kabupaten Sintang memiliki luas wilayah yang begitu luas, sehingga saat ini pemerintah Daerah sedang sibuk untuk membangun infrastruktur jalan agar antara kecamatan satu dengan kecamatan yang lainnya bisa saling terkoneksi, “mengingat saat ini para masyarakat tumbuh begitu pesat di Kabupaten Sintang, hadirnya BTN di Sintang ini semoga bisa sampai ke pelosok pedalaman di Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang, untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat”. Tutur Jarot.

“kabupaten Sintang merupakan pusat pada sector wilayah timur Kalimantan Barat, dengan demikian BTN sudah diresmikan, maka seluruh stakeholder harus akan mendekatkan pelayanan supaya pada sector ekonomi di Sintang semakin berkembang, pada saat ini ekonomi Sintang masih dibawah rata-rata nasional, untuk rata-rata nasional saja haru mencapai 5,2 persen, hal tersebut kita harus menggenjot pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sintang paling tidak bisa mencapai 6 persen dan sudah diatas rata-rata nasional, dengan demikian bank BTN paling tidak bisa menghadirkan sumber ekonomi kerakyatan yang dapat menumbuhkembangkan perekenomian yang ada di Sintang ini”. Ungkap Jarot. Perlu diketahui bersama, bahwa jumlah kepala keluarga yang ada di Kota Sintang mencapai 14.000 Kepala Keluarga, “jadi satu rumah berisi 5 orang lebih manusia, jadi satu rumah ada yang 2 KK,  sehingga perumahan murah yang sehat sangat di tunggu bagi masyarakat yang belum mendapatkan perumahan dengan cicilan kredit yang ditawarkan oleh PT. BTN untuk di Sintang ini”.

Selanjutnya, Kepala Bank BTN Kantor Cabang Pontianak, Daulat Marpuang mengatakan latar belakang berdirinya Bank BTN di Sintang ini melihat sisi potensi ekonomi di Sintang yang semakin maju secara pesat, “semakin banyak yang menggunakan jasa bank BTN ini dalam halnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dapat memudahkan masyarakat dalam membeli rumah dengan system kredit sehingga akan menggerakkan ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat semuanya.” Kata Daulat. “dengan dibukanya kantor ini dapat memberikan layanan yang terbaik disektor kredit perumahan bagi masyarakat Sintang, selama ini kami ketahui banyak sekali kendala-kendala jika kantor BTN hanya di Pontianak, maka BTN akan terus memberikan kredit rumah bersubsidi bagi masyarakat yang berada di golongan menengah kebawah”.

Daulat menambahkan dengan dibukanya Bank BTN ini Kami juga merencanakan akan membuka jaringan lainnya di kalbar yaitu di Singkawang, dan meskipun kantor BTN masih terbatas, akan tetapi kami berkomitmen untuk tetap melayani masyarakat hingga ke pelosok dan kami berupaya memberikan pelayanan yang maksimal”. Tutup Daulat Marpuang. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY