Bupati SIntang, Jarot Winarno Saat Meresmikan Gedung SDN 30 Kelas Jauh Sungai Antu (Foto: Sg/Hms)
Bupati SIntang, Jarot Winarno Saat Meresmikan Gedung SDN 30 Kelas Jauh Sungai Antu (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan gedung SDN 30 Mungguk Gelumbang Kelas Jauh Dusun Sungai Antu, Sabtu, (8/7) yang ditandai denngan penandatangan berkas peresmian dan pembukaan tirai plang nama sekolah dan dilanjutkan dengan peninjauan ruang-ruangan.

Gedung SDN 30 Mungguk Gelumbang Kelas Jauh Dusun Sungai Antu juga sudah dilengkapi dengan toilet, kursi, meja dan papan tulis.

Kepala Sekolah SDN 30 Mungguk Gelumbang, Lasir menyampaikan bahwa awalnya SD Jarak Jauh sudah dibangun secara swadaya sejak tahun 2014 baru sampai atapnya saja, lantai dan dinding serta bangku kursi belum selesai.

“Dan tahun 2017 mendapat bantuan dari Pemkab Siantang sehingga selesai. SDN induk ada di Dusun Mungguk Gelumbang yang sampai sekarang belum ada kantor guru. SDN 30 ada dua Kelas Jauh yakni di Sungai Antu dan Sepulau. Jumlah guru ada 16 orang, 4 PNS sisanya kontrak dan honor. Kami berharap ada perhatian dari pemerintah daerah untuk guru kontrak dan honor,” terang Lasir.

Sementara Kepala Desa Mungguk Gelumbang, Daus mengharapkan dengan adanya SD Kelas Jauh, anak-anak di Sungai Antu yang masih kecil dan masih duduk di kelas 1 sampai 3 bisa sekolah dan tidak ada anak yang tidak sekolah karena SD sudah ada di Dusun Sungai Antu demi berkembangnya sumber daya manusia di perbatasan.

“Dulu kan alasan masyarakat Sungai Antu membangun gedung SD secara swadaya karena letak SDN 30 sangat jauh,” terang Daus.

Sementara itu Camat Ketungau Tengah, Dakun merasa senang karena masyarakat Dusun Sungai Antu bisa berswadaya dalam membangun gedung SD jarak jauh.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jefray Edward menyampaikan bahwa keluhan, informasi dan aspirasi dari masyarakat tentang pembangunan sangat kami perhatikan untuk direalisasikan.

“Kami di legislatif tidak pernah mencoret usulan pembangunan dari masyarakat, bahkan dananya akan kami tambah,” tegas Jefray Edward.

Bupati Sintang Jarot Winarno menjelaskan bahwa pembangunan sarana dan prasarana pendidikan tetap menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Sintang.

“Jaga gedung SD Jarak Jauh yang sudah ada, dan terus dorong anak-anak untuk sekolah. Dengan pendidikan, kita bisa merubah masa depan kita,” pesan Bupati.

Usai meresmikan Gedung SDN 30 Mungguk Gelumbang Kelas Jauh Dusun Sungai Antu, Bupati Sintang juga meninjau bangunan SDN 13 Lujuk Kelas Jauh yang hanya memiliki 4 guru honor dengan 14 murid kelas 1-3 dan setelah kelas 4 harus ke SDN 13 induk di Dusun Pelajar Desa Margahayu.

Kepala Desa Margahayu, Niko Dimus menjelaskan bahwa satu unit bangunan SDN 13 Lujuk Kelas Jauh dibangun dengan dana PNPM Tahun 2014 dan dua gedung lainnya dibangun oleh dana Coorporate Socual Responsbility (CSR) investor perkebunan. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY