Bupati Sintang Jarot Winarno berfoto bersama para peserta Jumpa Bakti Gembira Palang Merah Remaja (JUMBARA PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) se-Kabupaten Sintang di lapangan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Jalan MT Haryono Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang Jarot Winarno berfoto bersama para peserta Jumpa Bakti Gembira Palang Merah Remaja (JUMBARA PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) se-Kabupaten Sintang di lapangan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Jalan MT Haryono Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph membuka acara jumpa bakti gembira Palang Merah Remaja (PMR) – Palang Merah Indonesia (PMI) sekabupaten Sintang di lapangan Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) 2, Sungai Durian Sintang, Jumat (7/4/2017).

“kami ingin anak-anak muda kita menjadi generasi pemenang. Kita tahu ada banyak tantangan bagi kaum muda Indonesia menuju Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang,” kata dr. Jarot. Orang nomor satu di Sintang itu selanjutnya menerangkan beberapa tantangan tersebut, masyarakat ekonomi Asean, bonus demografi- pengangguran muda, dan kelangkaan energi fosil versus energi hijau. “karena itu melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan posistif seperti Jumbara PMR ini, kita mau menanamkan kepada generasi muda Sintang nilai-nilai seperti semangat tolong menolong, mau berkorban dan juga menjaga kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Bupati Sintang juga menjelaskan bahwa kegiatan merupakan bentuk kemitraan antara pemerintah dengan organisasi masyarakat dalam hal ini PMI. “untuk membina kaum muda tentu pemerintah tidak bisa sendirian, oranisasi seperti PMI sangat besar sekali kontribusinya dalam mempersiapkan generasi muda,” papar dr. Jarot dalam wawancara usai menjadi pembina pada upacara pembukaan Jumara 1 Sintang. “Ini merupakan kerjasama yang sangat baik antara pemerintah Kabupaten dengan PMI Sintang,” tutupnya.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 7 hingga 9 April 2017. Kegiatan ini mengusung tema, ‘generasi yang berkualitas dan berjiwa kemanusiaan dibumi Senentang’. Kegiatan ini diikuti oleh 17 regu dari 6 Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan dan 2 Sekolah Menengah Pertama dan sejerajat. Sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan Jumabara PMR 1 ini berasal dari SMAN 1 Sintang, MAN Sintang, SMK N 1 Sintang, SMA Ma’Arif , SMK 1 Kelam Permai, SMA N 2, SMPN 4 dan MTSN dengan total peserta sebanyak 175 orang.

Ketua PMI Sintang, H. Achmad Sutarmin menjelaskan bahwa kegiatan Jumbara PMR ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI Sintang. “Jumbara ini meruapakn kegiatan perdana, baru pertama kali di adakan di Sintang,” katanya. “Oleh karenanya tentu kita berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak kita yang tergabung dalam PMR di Sintang ini,” tambahnya. PMR merupakan bagain dari PMI. “Yang mana PMR ini adalah upaya kita untuk mendekatkan PMI kepada anak-anak muda, generasi bangsa,” terang Sutarmin lagi. “Untuk membiasakan dan megnembangkan jiwa-jiwa kemanusiaan di kalangan kaum muda khususnya di Sintang,” katanya lagi.

Kegiatan ini juga diadakan beberapa macam lomba seperti, Pertolongan pertama dan pembuatan tandu.”Lomba-lomba ini memperbutkan piala bergilir bapak Bupati Sintang sehingga kegiatan kita ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Esensi dari lomba bukan hanya sekedar bertanding tapi juga bergembira bersama,” tutup Sutarmin dalam sambutannya. Turut hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Drs. Marchues Afen, M.Si dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Lindra Azmar. Tampak pula sejumlah Pimpinan Forkopimda dan SKPD dan sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Sintang.(Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY