Bupati Sintang, Jarot Winarno Yang Diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Henri Harahap, Melantik Anggota GOW (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno Yang Diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Henri Harahap, Melantik Anggota GOW (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Sebanyak 45 anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) periode 2017-2020 resmi dilantik oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Henri Harahap, yang mewakili Bupati Sintang, yang dilaksanakan di Balai Ruai Kompleks Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang, Rabu (29/11).

Dalam sambutannya, Henri Harahap mengatakan peran perempuan dalam pembangunan daerah sangatlah penting dan erat kaitannya dengan kiprah dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia saat ini.

“Karena peran ibu-ibu zaman saat ini banyak mengubah pandangan terhadap perempuan, maka dalam mendukung aspek pembangunan organisasi apapun itu tentu memiliki tujuan utama dalam upaya peningkatan kapasitas pembangunan perempuan termasuk GOW ini,” kata Henri.

Ia menuturkan bahwa pentingnya peran kaum wanita di daerah dalam upaya pemberdayaan sumber daya manusia.

“Ini penting juga dan sangatlah diperlukan, dan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung terhadap berbagai kegiatan organisasi perempuan, termasuk juga pelantikan pengurus GOW pada periode 2017-2020 ini,” tutur Henri.

Ketua Pengurus GOW Kabupaten Sintang, Hj Sriwani mengatakan bahwa dalam pelantikan ini diikuti sebanyak 45 orang yang dilantik sebagai pengurus Gabungan Organisasi Wanita periode 2017-2022.

“Ini anggota yang dilantik sebanyak 45 orang yang terdiri dari berbagai jenis organisasi wanita yang ada di Kabupaten Sintang, untuk Wakil Ketuanya adalah Ibu Hendrika dari Organisasi Wanita Khatolik, dan Sekretarisnya ibu Tasniah dari Organisasi Muslimat NU, dan rekan-rekan lain juga dari berbagai organisasi,” kata Sriwani.

Sriwani menjelaskan bahwa dengan dilantiknya 45 pengurus GOW yang baru ini memiliki program untuk membantu dalam pembinaan Kampung KB.

“Tentunya program kami sekarang untuk kedepannya adalah kerja pembinaan Kampung KB yang bersinergi dengan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan juga membuat program kegiatan pembinaan mental terhadap anak-anak remaja, yang nantinya akan kesekolah-sekolah untuk membina agar tidak terlibat dalam hal-hal yang berbau narkoba,” jelasnya.

Menurut Sriwani, peran ibu-ibu didalam GOW ini banyak memberikan pembinaan salah satunya membina Kampung KB.

“Kita tunjukkan bahwa di Kabupaten Sintang akan ada desa Kampung KB dan bisa menjadi contoh untuk di Kalimantan Barat maka dari itu kita bisa melihat ada peran penting dari GOW ni untuk menjadi benteng utama dalam keluarga,” tambahnya.

Dalam pelantikan pengurus Gabungan Organisasi Wanita periode 2017-2020 tersebut hadir pula Ketua Persit Kabupaten Sintang, dan Ketua Bhayangkari Kabupaten Sintang beserta Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten Sintang. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY