Bupati Sintang Jarot Winarno (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang Jarot Winarno (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang Jarot Winarno, menyampaikan  dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  tahun 2018, ada empat aspek yang harus  dilakukan yakni pertama; apa yang dikerjakan harus benar-benar konsisten dengan kebutuhan masyarakat.

“artinya, 7 prime mover pembangunan menuntut konsistensi kita selaku pelaksana pembangunan daerah, agar tercipta kesejahteraan dan daya saing daerah,” ujar Jarot dalam sambutannya saat membuka Murenbang Kabupaten Sintang tahun 2017di Gedung Pancasila Sintang, Rabu (15/03/2017).

Poin kedua lanjut Jarot, apa yang akan kita lakukan, merupakan kelanjutan dari yang sudah kita kerjakan sebelumnya, harus dipastikan ada konstinyuitas antara apa yang sudah dan yang akan dilakukan ke depan, sehingga capaian program didapat  dengan optimal.

“sangat keliru dan rugi besar kalau kita bekerja setengah-setengah atau tidak tuntas terhadap program-program pembangunan daerah,” tutur Jarot.

Kemudian yang ketiga kata Jarot,  yang hendak dikerjakan, agar dipastikan adanya sumber pembiayaan untuk mewujudkannya, sebab tidak ada artinnya daftar prioritas program dan kegiatan, tetapi tidak mendapat alokasi anggaran sehingga menjadi tidak diimplementasikan.

“mimpi pembangunan yang baik adalah dapat diwujudkan menjadi kenyataan sehingga membawa dampak positif untuk masyarakat,” kata Jarot

Poin terakhir dikatakan Jarot adalah apa yang dikerjakan harus dijiwai sinergisitas, baik antar jenjang pemerintahan di pusat, provinsi, kabupaten dan desa, maupun antara pemerintah dengan komponen civil society.

“dengan demikian, seluruh energi pembangunan dapat dihimpun dan didayagunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah pembangunan yang kita hadapi,” pungkasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY