Suasana pelantikan Pengururs Baru Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sintang di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)
Suasana pelantikan Pengururs Baru Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sintang di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M. Med.Ph bersama Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, SE.,M.Si dilantik sebagai ketua dan wakil ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir cabang Sintang yang diadakan di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Jumat (05/05/2017). Saya positif dengan adanya gerakan pramuka, kita harus dukung ya. gerakan kepanduan. Ini adalah pionir yang menyiapkan anak-anak muda kita untuk dekat dengan lingkungan, mengatasi rintangan di alam.

Gerakan pramuka ini memberikan latihan kepemimpinan untuk anak muda kita sehingga anak muda yang tidak melupakan kearifan lokalnya, yang hidup berkawan dengan lingkungannya ini menjadi anak-anak muda yang tangguh. “Ketangguhan ini menjadi kekuatan anak-anak muda untuk mengatasi tantangan kekinian kita,” kata dr. Jarot. Beliau lalu menjelaskan empat tantangan bagi kaum muda Indonesia, khususnya Sintang yaitu mengenai kondisi kebhinekaan Indonesia yang sedang tercabik oleh berbagai isu sara, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Bonus demografi, dan berkaitan dengan kelangkaan energi fosil di tahun 2043. “Anak-anak yang cinta lingkungan ini sudah tahu bahwa keberadaan energi hijau seperti yang Sintang miliki ini harus dijaga dengan baik,” tegasnya.

Sebagi pernyataan penutup, Bupati Sintang mengatakan, “Sintang bertumpu pada gerakan pramuka untuk menjadi kontributor untuk menyiapkan generasi muda kita di indonesia emas tahun 2045 nanti.”

Mewakili Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sintang, Terry Ibrahim selaku wakil ketua DPRD menyambut baik dengan kegiatan kepramukaan yang sangat berkembang di Sintang. “kami berharap kwartir cabang Sintang akan segera melakukan prioritas kegiatan yang tadi sudah dipaparkan. Selaku anggota legislatif, kita akan mendukung penuh kegiatan gerakan pramuka ini,” katanya.

Terry menanggapi bahwa prestasi yang telah dicapai Kwarcab Sintang sebagai salah satu leading gerakan pramuka di Kalimantan Barat bagian Timur merupakan sebuah beban yang cukup memotivasi. “tidak mudah menjaga nama baik yang sudah ada, oleh karena itu pengurus yang baru harus meneruskan prestasi ini. Berkaitan dengan hal itu, kita merangkul para kakak pengurus yang lalu untuk tetap memberikan sumbangsih untuk kita dalam menjalankan berbagai kegiatan kepramukaan baik di tingkat kabupaten maupun hingga ke tingkat kecamatan,” terangnya.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, H. Suriyadi MS, S.Sos,.M.Si menyampaikan bahwa peran aktif kepemimpinan daerah dapat lebih mengembangkan gerakan kepanduan di Sintang. “Sintang selaku barometer gerakan pramuka di bagian timur Kalbar ini kita lilhat perkembanganya tentu tidak terlepas dari komitmen Bupati dan jajarannya untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan kepramukaan yang diadakan oleh Kwarcab,” katanya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sintang yang baru dilantik, H.Junaidi S.Sos., M.Si menyampaikan program prioritas Kwarcab Sintang. “ada tiga agenda yang kita siapkan, yaitu lomba gerakan pramuka tingkat daerah di Kubu Raya. Lalu kita siap-siap untuk even nasional di Bulan Agustus serta tim seni dan budaya kita di Even Nasional di Kalteng tahun depan,” terangnya.(Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY