Bupati Sintang, Jarot Winarno dan para pejabat daerah berkesempatan menanam berbagai macam bibit pohon di halaman sekolah SMPN 3 Sungai Tebelian (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno dan para pejabat daerah berkesempatan menanam berbagai macam bibit pohon di halaman sekolah SMPN 3 Sungai Tebelian (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang Jarot Winarno mengajak generasi muda untuk melestarikan lingkungan salah satunya dengan menanam pohon. Selain menanam pohon yang paling penting adalah menanamkan semangat dan kesadaran untuk melestarikan lingkungan.

“Kondisi kita yang terlihat sebagai keterbatasan dapat kita jadikan sebagai media untuk melatih mental, supaya kita kuat,” ujar Bupati Jarot dihadapan siswa SMPN 3 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, saat menghadiri acara hari menanam pohon Indonesia tahun 2016 di sekolah itu, Senin (28/11/2016).

Bupati mengingatkan beberapa tantangan bagi orang muda khususnya di Sintang saat ini, sedang menghadapi proxy war, sebuah perang yang dilakukan dengan cara menghancurkan suatu pihak melalui pihak lain, misalnya menghancurkan orang muda melalui narkoba.

Sehingga generasi muda rusak dan tidak memiliki kemapuan untuk melakukan perubahan yang cerdas guna memajukan bangsa termasuk dalam pelestarian lingkungan.

Dikatakanya dunia mulai menghadapi krisis energi, banyak negara akan berebut energi karena energi dari fosil diperkirakan sudah habis. Energi yang tersisa yakni green energy yang ada di kawasan khatulistiwa termasuk di Kubupaten Sintang.

“maka lingkungan ini harus selalu kita jaga dan lestarikan, kita harus banyak-banyak menanam pohon biar alam kita tetap hijau,” ajak Jarot.

Kepala Sekolah SMPN 3 Sungai Tebelian, Sih Sarwodadi, mengatakan kegiatan menamam pohon disekolahnya itu sebagai momentum untuk sekolah menanamkan nilai kecintaan linkungan sejak dini kepada peserta didik

Hamalan sekolah yang luas akan dibuat sebagai laboratorium alam. Banyak jenis tanaman yang dapat  digunakan sebagai bahan belajar dan dijadikan bumi perkemahan serta sebagai sasana out bond. Lingkungan hijau dapat menjadikan sekolah sebagai tempat yang ideal dan nyaman untuk proses belajar para anak didik.

“Hari ini menjadi momentum bagi kami untuk semakin bersemangat dalam menata sekolah kami jadi semakin asri, Sekolah yang peduli terhadap lingkunga hidup, sekolah yang menjadi taman bagi siswa sehingga nyaman menggali ilmu di sekolah ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, badan Lingkungan Hidup Sintang, Henri Harahap dan Kepala Dinas Perhubungan, Hatta.Sejumlah forkopimcam Sungai Tebelian dan perwakilan tamu undangann lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jarot dan para pejabat daerah berkesempatan menanam berbagai macam bibit pohon di halaman sekolah SMPN 3 Sungai Tebelian yang cukup luas. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY