Bupati Sekadau, Rupinus Foto Bersama di Stand Inacraft 2017 Kabupaten Sekadau di Jakarta Convention Center (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus Foto Bersama di Stand Inacraft 2017 Kabupaten Sekadau di Jakarta Convention Center (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si usai menghadiri acara pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di ruang Birawa, Hotel Bidakara Jakarta Selatan, langsung meninjau stand pameran milik Kabupaten Sekadau pada pelaksanaan pameran Inacraft 2017 di ruang Assembly 1, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (26/4) pagi.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Rupinus didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Ny Kristina Rupinus, S.Pd, M.Si, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau, Drs Hironinus dan Kepala Bappeda Kabupaten Sekadau, Ir Mohammad Isa.

Selain meninjau stand Kabupaten Sekadau, Bupati Rupinus juga berkeliling melihat stand pameran milik kabupaten/kota yang ada di paviliun Kalimantan Barat. Bupati Rupinus memberikan apresiasi kepada Dekranasda dan Dinas Perindagkop yang sudah ikut serta dalam pelaksanaan Inacraft 2017 ini.

“Inacraft ini menjadi moment yang sangat baik dalam rangka kita mempromosikan hasil kerajinan yang dimiliki oleh Kabupaten Sekadau pada dunia luar,” ujarnya.

Bupati Rupinus juga memberikan apresiasi kepada para pengrajin di Kabupaten Sekadau yang sudah berkontribusi memberikan hasil terbaik untuk Kabupaten Sekadau.

“Saya yakin perlahan – lahan Sekadau akan memiliki produk unggulan di bidang industri kerajinan yang diproduksi langsung oleh para pengrajin. Seperti yang dipamerkan di stand Kabupaten Sekadau yang menampilkan produk unggulannya berupa bakul berbahan alami yang dikerjakan secara manual oleh para pengrajin,” tukasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau yang juga merupakan Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Ny Kristina Rupinus menuturkan bakul yang diproduksi oleh para pengrajin dikerjakan secara manual. Sehingga dijamin tidak berbahaya karena anyaman bakul tersebut tidak mengandung zat kimia.

“Bakul kan biasa digunakan untuk menempatkan makanan seperti nasi dan lain-lain. Jadi bakul ini dijamin sehat untuk tempat makan karena prosesnya alami,” katanya.

Lebih jauh, dikatakan Kristina saat perlombaan Inacraft di Jakarta pada April 2013 lalu bakul yang dipamerkan oleh Kabupaten Sekadau berhasil mengalahkan ratusan kerajinan lain, dan meraih juara pertama pada kategori natural viber serat alam. Selain aman dari zat kimia, harganya juga murah.

Sementara Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau, Drs. Hironinus mengatakan pada hari pertama pameran sebagian barang – barang yang dipamerkan laris manis dibeli oleh para pengunjung dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

“Hari pertama produk anyaman yang kita pamerkan laris manis diserbu para pengunjung,” ungkapnya.

Acara pameran Inacraft akan berlangsung berlangsung dari tanggal 26 – 30 April 2017. Inacraft merupakan pameran kerajinan dan produk kreatif internasional. Pada kesempatan itu juga dilakukan foto bersama Bupati dengan Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Dinas Perindagkop, Kepala Bappeda dan para penjaga stand pameran Kabupaten Sekadau. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY