Bupati Sekadau, Rupinus memberikan sambutannya, saat mengikuti misa kudus di Sambas (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus memberikan sambutannya, saat mengikuti misa kudus di Sambas (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH, M.Si disela-sela menghadiri puncak peringatan HUT ke-72 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tingkat provinsi Kalimantan Barat yang dipusatkan di Kabupaten Sambas, juga menyempatkan diri mengikuti Misa Kudus di Aula Paroki Sambas, Minggu (26/11).

Diketahui, Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas untuk sementara ini masih dalam proses renovasi sehinga untuk perayaan misa kudus juga sementara waktu menggunakan aula Paroki Sambas yang berhadapan persis dengan SMA Bonaventura yang tidak jauh dari gereja dan Pastoran.

Misa kudus yang dimulai pukul 17.00 Wib ini dipimpin langsung oleh Pastor Paroki Sambas Pastor Firminus Andjoe, OFM.Cap. Misa kudus yang dihadari oleh Bupati Sekadau ini bertepatan dengan peringatan hari raya Kristus Raja Semesta Alam.

Sehingga secara tidak sengaja Misa kudus yang dihadiri oleh orang nomor satu di bumi lawang kuari ini, ternyata bertepatan dengan ulang tahun gereja katolik paroki Sambas yang mana Kristus Raja Semesta alam merupakan pelindung Gereja Katolik Paroki Sambas.

Perayaan misa kudus yang dihadiri oleh ratusan umat katolik paroki Sambas ini berjalan khusuk dan hikmad meski cuaca pada saat itu hujan deras. Bupati duduk membaur bersama umat di kursi bagian belakang.

Pastor Paroki Sambas rupanya mengetahui kalau dalam misa kudus peringatan hari raya kristus raja semesta alam ini di ikuti oleh Bupati Sekadau, Rupinus. Maka setelah komuni kudus atau setelah pengumuman umat, Pastor Paroki Sambas Pastor Firminus Andjoe memberikan kesempatan kepada Bupati Sekadau untuk memberikan sambutan motivasi kepada umat katolik paroki Sambas.

“Ditengah-tengah kita ini, kedatangan tamu dari jauh yakni Bapak Bupati Sekadau, Rupinus. Kami mohon bapak untuk memberikan sambutan motivasi bagi umat kami disini,” tutur Pastor Firminus disambut tepuk tangan umat yang hadir.

Maka saat itu juga Bupati Sekadau, Rupinus langsung bergegas menuju mimbar untuk memberikan sambutan singkatnya. Dihadapan umat beriman Bupati Rupinus menyampaikan rasa syukur, terima kasih, bahagia dan apresiasi kepada pastor Paroki Sambas serta umat katolik paroki Sambas yang pada kesempatan itu menyambutnya dengan penuh suka cita dan kekeluargaan.

“Mungkin ada umat yang bertanya siapa yang berdiri di depan ini. Saya Rupinus, Bupati Sekadau. Saya bersama rombongan PGRI Sekadau datang ke Sambas ini dalam rangka peringatan hari PGRI. Dan untuk saya pribadi, ini yang pertama kali saya ke Sambas. Sebelum berangkat ke Sambas, saya bertanya dengan humas saya, apakah ada misa sore di Sambas, ternyata ada. Akhirnya saya putuskan ikut misa di Sambas saja, karena pagi tadi kita tidak sempat misa di Sekadau,” ceritanya.

Bupati juga menyampaikan umat katolik di paroki Sambas harus menjadi garam dan terang bagi sesama. Bupati Rupinus juga meminta agar umat katolik di paroki Sambas tetap semangat dalam hidup menggereja dan bermasyarakat.

“Umat katolik di paroki Sambas harus menjadi garam dan terang bagi sesama. 100 persen katolik, 100 persen Indonesia. Jangan malu mengaku Katolik,” ucapnya memberikan semangat dan motivasi bagi umat katolik paroki Sambas.

Sementara itu Pastor Paroki Sambas, Pastor Firminus Andjoe memberikan apresiasi kepada Bupati Sekadau atas kehadirannya pada perayaan misa kudus di gereja katolik paroki Sambas ini.

“Ini sesuatu yang luar biasa menurut saya. Jarang ada pejabat dalam perjalanan tugasnya masih ingat mau ke gereja. Tapi ini dilakukan oleh Bupati Sekadau,” ujar Pastor Firminus.

Setelah itu, usai menerima komuni, Bupati Sekadau, Rupinus diberi kehormatan lagi oleh pastor paroki sambas untuk meniup lilin ulang tahun gereja katolik Kristus Raja Paroki Sambas.

Lagu selamat ulang tahun dinyanyikan bersama oleh umat, dan dalam hitungan tiga, api lilin berhasil di tiup oleh bupati Rupinus dan Pastor Paroki Sambas.

Hadir juga mendampingi pastor Paroki, Ketua DAD Kabupaten Sambas, dr. Boni. Saat lagu potong kue dinyanyikan, Pastor Paroki Sambas mengajak kembali Bupati Rupinus untuk sama sama memotong kue ulang tahun gereja.

Usai kue ulang tahun dipotong, Bupati Rupinus dan Pastor Firminus Andjoe saling memberikan kue.

“Saya dan Bapak Bupati, saling menyuap kue ulang tahun,” ujar Pastor Firminus.

Setelah itu dilanjutkan dengan foto bersama. Masih ada lagi acara terakhir sebelum misa ditutup oleh pastor Firminus yakni pembagian hadiah bagi para pemenang lomba yang merupakan bagian dari rangkaian hari ulang tahun gereja katolik paroki Sambas.

Pada kesempatan itu juga Bupati juga diberi kehormatan lagi oleh ketua panitia untuk menyerahkan hadiah kepada para sang juara. Usai penyerahan hadiah misa pun ditutup dengan berkat oleh Pastor Firminus.

Usai memberikan berkat penutup, Pastor Paroki Sambas kembali mengundang Bupati Sekadau untuk bersilahturahmi di pastoran paroki bersama beberapa umat katolik termasuk ketua DAD Sambas untuk ngopi bersama. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY