KalbarOnline, Sintang – Pembangunan pada dasarnya memiliki prinsip dari rakyat dan untuk rakyat, karena tujuan ini untuk menunjukan bahwa kepemimpinan yang horizontal tidak ada jarak antara pemimpin dengan masyarakat, hal tersebut di tegaskan oleh Bupati Sintang pada saat memberikan sambutan dalam acara Peresmian Kantor dan Balai Desa Nyangkom Kecamatan Kayan Hilir yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan tirai papan nama, tampak hadir sejumlah SKPD, Camat Kayan Hilir, Camat Kayan Hulu, Forkopimcam. Kamis (14/7).

Bupati Sintang, Jarot Winarno melanjutkan pembicaraannya, sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sintang, yang berbunyi “mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera dengan ditopang tata kelola pemerintahan baik dan bersih” dari visi misi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembangunan yang kami lakukan dimulai dari perdesaan, kawasan desa tertinggal, yang dimana hal tersebut juga termasuk dalam nawa cita bapak Presiden RI , Joko Widodo,” tutur Jarot.

“Pembangunan Kantor Desa dan Balai Desa ini merupakan buah hasil dari kesatuan dan persatuan, antara masyarakat, BPD, Pemerintahan Desa Perangkat Desa dan Kepala Desa, mari kita bersama-sama untuk membangun desa, membangun kecamatan kita dan membangun kabupaten sintang untuk yang lebih maju. Karena Rasa kesatuan dan persatuan modal utama dalam pembangunan,” kata Jarot.

Lanjut Jarot, saya berpesan kepada BPD, Kepala Desa mari kita bersatu, manfaatkan musrenbang desa dalam setiap hal-hal penting yang berkaitan dengan pembangunan didaerah kita, setiap ada kegiatan apapun kita kmpul bersama-sama, guna untuk membahas merencanakan bagaimana aspek dampak Desa kita ke depannya, sehingga dengan adanya Kantor Desa dan Balai Desa yang baru ini dapat memacu kinerja para perangkat desa , tolong bangunan yang sudah berdiri ini dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Sementara Camat Kayan Hilir, Napiah mengatakan kantor desa dan balai pertemuan dibangun melalui dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dengan dana ADD, kantor desa ini dibangun, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati beserta rombongan,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Panitia, Yosef Srianus, mengatakan Kami berbangga dengan kehadiran bapak Bupati bahwa perencaanaan awal hingga selesai, sesuai dalam proposal menganggarkan 52 juta maka daripada itu panitia mengucapkan ribuan terimakasih kepada donatur yang memberikan sumbangan kepada kami membantu pelaksanaan pembangunan,” ungkapnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Hotler Panjaitan, mengatakan bahwa tidak semua kantor desa, balai pertemuan diresmikan oleh bapak bupati, inilah merupakan kerja keras dari panitia, partisipasi dari masyarakat yang ditunjukan rasa persatuan kesatuan, ini semua berkat kerjasama dari seluruh komponen yang ada di Desa Nyangkom ini Balai desa dibangun dengan PNPM Pedesaan, tentunya merupakan bagian daripada program pemerintah dimana pemerinyahan baru pimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, bahwa beberapa program yang langsung dana APBN langsung ke Desa yang sesuai dengan visi misi yaitu pembangunan dimulai dari Pedesaan yang berimplementasi kepada Visi Misi Bupati Sintang,” ucap Hotler.

“Sejak tajun 2015 pemdes telah mendapatkan dana desa dari APBN, ini perlu disampaikan kantor kepala desa telah dibangun, 1 hal jadikan kantor menjadi tempat pelayanan terhadap masyarakat, tanpa pandang bulu, baik dari sisi agama, suku, dan sebagainya, kemudian juga balai desa ini jadikan balai desa ini utk merumuskan persoalan-persoalan dari masyarakat, tempat bermusyawarah untuk kepentingan masyarakat,” pungkas Hotler. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY