Bupati Sekadau, Rupinus Saat Memancong Buluh Muda Pada Peresmian Penggunaan Gereja Katolik Santo Yosep Stasi Tabai, Desa Timpuk (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus Saat Memancong Buluh Muda Pada Peresmian Penggunaan Gereja Katolik Santo Yosep Stasi Tabai, Desa Timpuk (Foto: Mus/Hms)

“Isi Gereja Ini dengan Kegiatan Doa”

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau Rupinus, SH., M.Si yang didampingi Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si meresmikan penggunaan Gereja Katolik Santo Yosep Stasi Tabai, Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (18/4/2017).

Usai diresmikan oleh Bupati Rupinus, Gereja Katolik Tabai ini langsung diberkati oleh Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Yulius Mencucini, CP. Kedatangan Bupati, Wakil Bupati dan Uskup Sanggau beserta rombongan pastor paroki dan forkopimka dari Kecamatan Sekadau Hilir disambut meriah oleh umat stasi tabai dengan berbagai prosesi adat, mulai dari pengalungan bunga, pembukaan kain pintu masuk gerbang, minum tuak, bepomang, pemancongan buluh muda, injak telur, atraksi silat sampai pada tari-tarian.

Bupati Rupinus didaulatkan memancong buluh muda sementara Wakil Bupati Aloysius didaulat untuk membuka tirai papan plang gereja santo yosep stasi tabai. Acara peresmian dan pemberkatakan gereja Katolik Santo Yosep Tabai dirangkai dengan penerimaan sakramen krisma.

Puluhan umat dari stasi tabai mulai dari anak-anak hingga orang tua dengan menggunakan seragam hitam putih mendapatkan sakramen krisma dari uskup sanggau. Misa syukur peresmian dan pemberkatan gereja katolik tabai berjalan khusuk.

Misa syukur dipimpin langsung oleh uskup keuskupan sanggau Mgr. Yulius Mencucini dengan didampingi oleh dua orang pastor yaitu pastor paroki sekadau Kristianus, CP dan Pastor Jhon.

Ketua Panitia Ismael dalam laporannya menyampaikan luas bangunan gereja katolik santo yosep tabai 9×18 m2. Dilanjutkan Ismael pembangunan gereja Tabai ini menelan dana kurang lebih Rp 300-an juta.

“Untuk itu atas nama pemimpin umat dan umat stasi tabai saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang sudah membantu kami dalam membangun gereja ini. Kami berjanji akan mendukung Pemerintah Kabupaten Sekadau. Kami juga mengucapak terima kasih kepada bapak uskup dan pastor paroki yang sudah banyak memberikan pembinaan kepada kami, sehingga pembangunan gereja ini bisa diselesaikan. Kami juga merasa bangga atas kehadiran Bupati, Wakil Bupati dan uskup di kampung kami,” ujarnya.

Bupati Sekadau Rupinus dalam sambutannya menyampaikan apresias atas kegigihan umat stasi tabai yang sudah bersusah payah membangun gedung gereja yang cukup megah ini.

“Saya memberikan apresiasi atas terbangunnya gereja ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Bupati mengingatkan agar gedung gereja ini dirawat dan dipelihara dengan baik oleh umat.

“Isi gereja ini dengan kegiatan rohani untuk memulikan nama tuhan,” pesan Bupati.

Terkait dengan pembangun jalan menuju Dusun Tabai, Bupati dengan tegas menyampaikan akan dilanjutkan pengerjaanya.

“Kami akan tetap memperhatikan masyarakat di wilayah ini. Pembangunan jalan menuju tabai akan kita lanjutkan,” ucap Bupati.

Sementara itu sambutan Uskup Sanggau Yulius Mencucini, CP mengatakan umat katolik stasi tabai sudah berhasil membangun gedung gereja yang megah, hal ini mencerminkan iman umat stasi tabai akan tuhan.

“Gereja ini bukti umat mencintai dan dekat dengan tuhan, bukti kebaktian umat kepada tuhan, bukti perutusan umat. Bahwa kita adalah orang yang percaya bahwa yesus adalah putra allah yang hidup.

“Apa guna mendirikan gereja yang sudah megah kalau tidak digunakan untuk sembayang. Umat mendirikan gereja ini bukti umat mencintai tuhan, untuk itu gereja ini harus diisi dengan kegiatan doa. Pemimpin umat harus hadir bersama umat, bila mana ada masalah, ajak umat berdoa di gereja,” pesan Uskup. (Hs/Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY