Bupati Sekadau, Rupinus Saat Menjadi Inspektur Upacara Dalam Peringatan HUT Bhayangkara ke 71 di Halaman Mapolres Sekadau (Foto: Mus)
Bupati Sekadau, Rupinus Saat Menjadi Inspektur Upacara Dalam Peringatan HUT Bhayangkara ke 71 di Halaman Mapolres Sekadau (Foto: Mus)

Rupinus: Tantangan yang dihadapi Polri semakin berat

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M Si menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT Bhayangkara ke 71 di halaman Mapolres Sekadau, Senin (10/7) pagi. Upacara dimulai sekitar pukul 07.20 WIB.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi kerja keras Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga hasilnya kelihatan nyata. Contohnya, Bulan Ramadhan dan lebaran tahun ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sangat kondusif.

“Seluruh masyarakat merasa aman. Kecelakaan lalu lintas turun drastis dan harga-harga kebutuhan pokok juga stabil. Sekali lagi saya apresiasi pada kerja keras seluruh personel Polri, baik yang bekerja di kota-kota besar maupun di pelosok-pelosok tanah air,” puji Rupinus.

Rupinus mengatakan, dalam usia ke 71 Polri telah menunjukan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi untuk mendukung terwujudnya pembangunan nasional dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Polri, kata dia, mampu mewujudkan situasi kamtibmas yang stabil dan kondusif serta melakukan pencegahan konflik.

“Penjagaan demonstrasi, penanganan terorisme, pemberantasan narkoba. Menekan angka kejahatan konvensional, seperti premanisme dan lainnya serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” sambungnya.

Kesuksesan Polri, lanjut Rupinus, tidak terlepas dari bantuan, dukungan serta kerja sama dengan seluruh komponen negara dan elemen masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat serta instansi terkait yang telah mendung pelaksanaan tugas Polri,” tuturnya.

Kedepan, Rupinus berharap, dukungan tersebut semakin diperlukan karena tantangan yang dihadapi semakin berat. Apalagi, kata dia, globaliasi, demokratisasi dan kemajuan teknologi informasi mempengaruhi situasi kamtibmas.

“Seperti meningkatnya kejahatan transaksionalnya, khususnya terorisme yang telah menelan korban tidak berdosa. Selain terorisme, perdagangan narkoba, perdagangan manusia, penyelundupan senjata, kejahatan cyber juga merusak dan mengancam masa depan Indonesia,” jelasnya.

Sementara Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat SIK mengatakan bahwa sesuai dengan program kerja Kapolri, polisi harus profesional dan melaksanakan tugas selalu mengikuti perkembangan zaman serta mengikuti teknologi.

“Yang tujuannya bisa meraih kepercayaan masyarakat. Insha Allah, Polres Sekadau bekerja profesional, memanfaatkan teknologi yang utama masyarakat Sekadau percaya kepada Polisi di Sekadau,” ucapnya.

Sehingga, lanjut Yury, polisi dekat dengan masyarakat, dan antara polisi dan masyarakat saling bersinergi. Ia pun berharap, pihaknya selalu melaksanakan tugas yang baik dan bisa bermanfaat bagi masyarakat langsung. Sehingga, kata dia, kehadiran polisi ditengah-tengah masyarakat terasa.

“Saya juga tekankan kepada anggota untuk selalu berupaya dicintai dan menjadi figur di masyarakat untuk kebaikannya bukan kejelekannya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim Sanggau-Sekadau, Letkol Inf Hery Purwanto, Kajari Sekadau, Andri Irawan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam, Raja Sekadau. Ada juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus, kepala OPD di lingkungan Pemkab Sekadau. Kegiatan tersebut juga dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, guru dan para pelajar. (bdu/Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY