Bupati Sintang Jarot Winarno (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang Jarot Winarno (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menilai pemanfaatan teknologi pada pengawasan lalu lintas sangat baik dan efektif.

Menurut orang nomor satu di Bumi Senentang ini, hal tersebut sejalan dengan konsep smart city suatu kota.

Dirinya juga memberi apresiasi sistem pengawasan lalu lintas seperti yang dilakukan Polres Sintang melalui Sistem Monitoring, Communication and Command Center (SM3C).

“Saya rasa sangat baik ya. Beberapa CCTV yg ada di lingkungan Pemda juga terhubung dengan SM3C Polres Sintang,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan aplikasi SM3C merupakan satu contoh sistem pengawasan terpadu. Adanya sistem terpadu membuat informasi-informasi diperoleh secara cepat.

“Sistem pengawasan terpadu ini bisa jadi sumber informasi setiap peristiwa. Sehingga pemangku kepentingan dapat segera ambil tindakan guna mengatasi masalah tersebut,” jelasnya.

Mengenai konsep smart city, Bupati menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang sedang menjajaki kerjasama dengan Telkom dan satu perusahaan swasta lainnya.

Dirinya berharap konsep smart city dapat terealisasi di Kabupaten Sintang.

Menurutnya, smart city mampu mengakomodir kebutuhan akan data real time kegawatdaruratan infrastruktur dasar di seluruh pelosok Kabupaten.

“Terutama daerah-daerah sulit terakomodir karena jeleknya infrastruktur telekomunikasi di wilayah pedalaman,” pungkasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY