Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Berkunjung di Desa Sungai Enau (Foto: Ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Berkunjung di Desa Sungai Enau (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Program pembangunan ekonomi kerakyatan dengan potensi lokal Desa di Kabupaten Kubu Raya, akan mulai difokuskan untuk tahun 2018, seiring dengan semakin membaiknya ketersediaan infrastruktur pendukung.

Hal itu sesuai dengan Kubu Raya yang memiliki potensi cukup besar dalam budidaya berbagai tanaman buah-buahan, sayuran dan holtikultura.

Sejumlah desa bahkan sudah dikenal sebagai pusat buah-buahan tertentu. Sebut saja Desa Punggur dengan potensi buah langsat dan durian.

“Silahkan dikembangkan. Kami ingin satu desa dengan satu buah unggulan. Dinas terkait harus turut membantu. Misalnya melakukan penelitian tentang tanaman buah apa yang cocok dibudidayakan di desa tersebut, supaya hasilnya bagus,” ujar Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat berkunjung di Desa Sungai Enau.

Menurut orang nomor 1 (satu) di Kabupaten Kubu Raya ini, dengan mengembangkan tanaman buah pekarangan rumah warga juga akan jauh lebih asri dan udaranya segar. Disamping itu manfaatnya ekonominya juga didapat dari hasil panen buahnya.

Semua pihak harus bersinergi dalam optimalisasi lahan. Masyarakat yag mempunyai lahan semakin diberdayakan untuk meningkatkan ekonomi.

“Mungkin sebagian orang masih menganggap sepele namun hasilnya benar-benar akan dirasakan kemudian,” kata Bupati.

Seperti di Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B. Berbagai jenis buah dapat dikembangkan seperti Durian, Langsat, Jeruk dan lain-lain.

“Kita lihat tadi sepanjang perjlnan masuk ke kantor Desa, begitu masuk Sungai Enau, ada langsat, ada Durian, jeruk. Ini kan potensi yang luar biasa. Jika terus dilembangkan akan membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat kita,” ujar Rusman Ali.

Sementara Kepala Desa Sungai Enau, Rajali mengatakan, Sungai Enau memiliki potensi yang sangat besar dari segi perkebunan dan pertanian serta peternakan dan budidaya. Melalui program pembinaan di Desa, dirinya akan terus mengembangkan dan menggali seluruh potensi yang ada di Sungai Enau dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Ian/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY