Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Melantik Sekda Sambas, Uray Tajudin (Foto: Mur/Hms)
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Melantik Sekda Sambas, Uray Tajudin (Foto: Mur/Hms)

Jalankan Tugas Secara Efektif yang Bermuara pada Kemajuan Daerah

KalbarOnline, Sambas – Uray Tajudin resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas. Pelantikan tersebut dilakukan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, Jumat (2/6). Sekretaris Daerah Kalbar, M Zeet Hamdy Assovi yang hadir mewakili Gubernur Kalbar Cornelis mengatakan rangkaian proses pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Terlebih lagi hal ini merupakan bagian implementasi kebijakan manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut mewujudkan koordinasi dan kemitraan yang baik antara pemerintah daerah dengan kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Dalam konteks tersebut, maka hubungan antara pemerintah daerah kabupaten dan Pemerintah Daerah Provinsi harus senantiasa dapat dijalin secara harmonis, agar terdapat kesamaan persepsi dan meminimalkan kemungkinan munculnya friksi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan, untuk tujuan bersama mewujudkan kemajuan masyarakat di daerah Kabupaten Sambas.

Ia juga mengatakan bahwa telah difahami bersama, dinamika kehidupan organisasi pemerintahan daerah memang bergerak sangat cepat yang selaras dengan tuntutan perubahan lingkungan dan kondisi masyarakat yang bergerak seara cepat pula.

Ia menambahkan dengan kenyataan ini format penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan, tidak bisa lagi mengandalkan cara-cara konvensional yang cenderung menunggu dan bersifat reaktif.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan setelah permasalahan muncul, pola kerja yang bersifat parsial dan cenderung berfikir sempit dan sektoral hanya akan menampakkan hasil yang berdurasi singkat serta tidak memecahkan permasalahan yang dihadapi secara integral dan menyeluruh.

Oleh sebab itu Sekda Kalbar berpesan agar prinsip-prinsip kecepatan dan percepatan kerja, pengkreasian nilai kerja, kerja sama tim dan networking serta konsistensi dan kesinambungan.

Menurutnya, agar tugas-tugas yang dijalankan benar-benar efekif dan efisien serta memenuhi kaidah-kaidah kerja yang bermuara pada satu tujuan bersama yaitu mewujudkan kemajuan masyarakat dan dan kemajuan daerah.

Tak sampai disitu, M Zeet juga mengingatkan agar perlu disadari pula bahwa tuntutan tugas pemerintahan yang harus dijalani dari waktu ke waktu smakin berat dan kompleks, namun harus dapat ditangani secara baik, cermat, cepat, tepat dan akurat, realisasi hasil kerja pemerintah darah yang semakin optimal dan mampu memnuhi harapan masyarakat, seyogyanya tetap menjadi bagian dari upaya bersama untuk mewujudkannya.

Atas dasar petimbangan tersebut, tidak berlebihan apabila pimpinan daerah selalu menginginkan sosok aparatur pemerintah daerah yang benar-benar kualified di bidang tugasnya.

“Diharapkan aparatur tersebut mampu menjalankan tugas jabatan dengan sebaik-baiknya dan memberikan kontribusi yang signifikan untuk memacu kemajuan daerah dan masyarakat,” katanya.

Sementara Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili dalam sambutannya berharap sekda yang baru dilantik menjadi ASN yang profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga terwujud birokrasi yang dapat mendukung perkembangan daerah, serta dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sambas.

Bupati juga berpesan agar Sekda yang baru dapat mendorong dan memotivasi ASN dilingkungan Pemkab Sambas dapat memberikan keteladanan, mengamalkan nilai-nailai ASN, dan melaksanakan kode etik maupun kode prilaku ASN.

Orang nomor satu di Sambas ini juga mengingatkan agar Sekda yang baru dapat membantu tugas kepala daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administrasi terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administrasi dan dapat memastikan seluruh renstra organisasi perangkat darah telah sesuai dengan RPJM, sehingga segala program kerja dapat memberikan hasil dan manfat kepda masyarakat. (Mur/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY