Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Menghadiri Perkemahan Pramuka Giat Penggalang di SMP Negeri 6 Satap Sepauk (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Menghadiri Perkemahan Pramuka Giat Penggalang di SMP Negeri 6 Satap Sepauk (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri perkemahan pramuka giat penggalang di SMP Negeri 6 Satu Atap (Satap) Sepauk, Jalan Bukit Nanas, Desa Mait Hilir, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang yang diikuti oleh peserta tingkat SD dan SMP dari Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak, Jumat (27/10) lalu.

Melalui kesempatan tersebutm Bupati menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan tersebut, terlebih pramuka merupakan kegiatan yang sangat positif untuk melatih anak anak baik tingkat SD dan SMP melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan.

“Tentu ini positif untuk melatih keterampilan keterampilan anak-anak kita melalui kegiatan kepramukaan, sehingga kepercayaan diri anak-anak bisa terbentuk, untuk itu saya datang untuk memberi support untuk mereka,” kata Bupati.

Bupati berpesan, kegiatan gerakan pramuka seperti ini harus terus digelar karena menurutnya gerakan pramuka ini merupakan medium terbaik untuk membentuk karakter anak yang sesunggunya.

“Selain membentuk dan mempersiapkan keterampilan diri anak-anak, gerakan pramuka juga untuk mempersiapkan mental diri anak-anak dalam mengapai cita citanya, dan inilah bentuk pendidikan karakter anak yang sesunguhnya,” jelasnya.

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini juga menambahkan bahwa dalam rangka mengahadapi bonus demografi di masa mendatang dirinya juga berpesan kepada anak-anak yang mengikuti perkemahan pramuka ini dan juga untuk anak-anak di Kabupaten Sintang yakni harus menjadi generasi yang produktif, artinya mampu menjadi investor bagi dirinya sendiri dalam menjalani kehidupan.

Sementara itu panitia kegiatan perkemahan pramuka giat penggalang, Suwandi, melaporkan bahwa kegiatan perkemahan pramuka tersebut diikuti sekitar 440 peserta baik dari tingkat SD maupun SMP yang berasal dari dua kecamatan yakni Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Tempunak yang digelar mulai 27-29 oktober 2017 ini, dilaksanakan di dua tempat, untuk tingkat SD di SDN 17 SP.2 C Paoh dan untuk tingkat SMP di SMPN 6 Satap Sepauk.

“Tujuannya adalah sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat sesama anggota angota pramuka khususnya di tingkat penggalang,” tutur suwandi.

Suwandi menambahkan untuk kegiatan dalam perkemahan tersebut berupa kegiatan yang bersifat perlombaan yang di bagi dalam enam kriteria yakni lomba kegiatan baris berbaris, teknik pramuka, lomba memasak bahan bahan alam, jelajah alam, P3K atau penanganan jika ada kecelakaan atau musibah dan pemecahan sandi sandi ala kepramukaan. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY