Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir Saat Mengoperasikan Alat Panen Padi Pada Panen Raya di Bunut Hulu (Foto: Ishaq)
Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir Saat Mengoperasikan Alat Panen Padi Pada Panen Raya di Bunut Hulu (Foto: Ishaq)

“Bupati Ketagihan Gunakan Alat Panen Combine”

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir beserta rombongan menghadiri panen raya padi dan ikan di Desa Sungai Besar, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (2/2) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Putussibau, Dandim 1206 Putussibau M Ibnu Subroto, beberapa pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu dan unsur Muspika Bunut Hulu, sejumlah Kades di Kecamatan Bunut Hulu, Pegawai BPP Desa Sungai Besar, PPL se Kecamatan Bunut Hulu, para Kelompok Tani, Masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

Pada Panen Raya ini, Bupati, Dandim dan Kajari turun langsung memanen padi dengan menggunakan alat tekhnologi khusus untuk memanen padi yaitu Combine. Alat ini tergolong cukup canggih sehingga sangat mendukung petani untuk lebih mudah dalam memanen padi serta pengoperasiannya pun cukup mudah.

Dengan sangat mudah dan gampang Bupati, Kajari dan Dandim mengoperasikan alat ini, sehingga Bupati sampai ketagihan dan dia menyelesaikan panen tersebut.

“Saya ketagihan panen dengan alat ini (Combine) karena pengoperasiannya cukup mudah, maklum saya ini kan mantan sopir bus,” ucap Bupati Nasir.

Nasir sangat bersyukur, sebab saat ini peralatan petani sudah cukup modern dibanding sebelumnya. Biasanya petani memanen padi dengan cara tradisional yakni dengan ketam dan arit.

Ditambahkan Nasir, bahwa dukungan pemerintah terhadap petani sudah cukup maksimal, terbukti pemerintah selalu memenuhi permintaan yang dibutuhkan oleh petani, salah satu contoh ialah benih dan alat pertanian yang petani minta pasti diberikan.

Dia berharap kepada petani, dengan dukungan benih dan alat pertanian yang cukup, maka petani harus mampu untuk lebih meningkatkan lagi hasil panen agar lebih maju dan sejahtera,” tutur Bupati Nasir.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kapuas Hulu, Drs Abdurrasyid, MM  memberikan apresiasi kepada para kelompok tani, sebab telah memperlihatkan hasil panen yang meningkat.

Dia juga berharap kepada Dinas Perikanan agar dapat bersinergi dengan kelompok tani yang ada didesa Sungai Besar dengan menambahkan benih ikan,” harapnya.

Sementara itu, Camat Bunut Hulu Sopuan, menyatakan bahwa keinginan petani khusus di Bunut Hulu untuk lebih maju dan mandiri di bidang pertanian sangat kuat dan mereka tidak mau ketinggalan dari daerah lain.

“Sebab pembukaan lahan masih akan terus berlanjut oleh TNI. Terima kasih juga kepada kelompok tani yang terus melangkah maju dalam bertani,” ujarnya.

Ditemui ditempat terpisah, Ahmad Saleh, Sekretaris Desa Sungai Besar mewakili kelompok tani dan masyarakat Sungai Besar sangat menyambut baik atas perhatian dan dukungan Bupati serta Dinas terkait.

“Kehadiran Bupati dan rombongan serta Dinas terkait sangat memotivasi para kelompok tani dan masyarakat,” ungkapnya.

Saleh berharap agar kedepannya usaha di bidang pertanian ini bisa dijadikan salah satu usaha pokok masyarakat.

“Karena usaha satu-satunya tidak akan ada habisnya adalah usaha di bidang pertanian,” tandasnya. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY