Bupati Sekadau, Rupinus Saat Memberikan Sambutan Pada Saat Prosesi Pemakaman Pastor Andreas Engselmus (Foto: Mus)
Bupati Sekadau, Rupinus Saat Memberikan Sambutan Pada Saat Prosesi Pemakaman Pastor Andreas Engselmus (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si dan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si ikut menghadiri pemakaman Pastor Andreas Enselmus, CP di Pemakaman Katolik Santo Yosep, Jalan Merdeka Barat, Sekadau Hilir, Sabtu (8/7) sore.

Ratusan umat Katolik dari berbagai daerah di Kabupaten Sekadau juga ikut menghadiri prosesi pemakaman pastor Andreas Engselmus, CP.  Ikut hadir juga keluarga besar pastor Andreas Engselmus, CP dan keluarga besar konggregasi passionis para pastor, frater, bruder dan suster.

Sebelum dimakamkan di pemakaman katolik santo yosep Sekadau, jenazah pastor Andreas engselmus, CP dilakukan terlebih dahulu dengan dengan misa requem (misa penghormatan terakhir kepada almarhum pastor Andreas Engselmus).

Misa requem dipimpin langsung oleh Provinsial konggregasi Passionis Pastor Nicodemus, CP dan didampingi puluhan pastor passionis. Wakil Bupati Sekadu Aloysius, SH, M.Si ikut hadir dalam misa requem almarhum pastor Andreas engselmus yang dimulai pada pukul 14.00 wib di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau. Hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Sekadau Alberus Pinus, S.Sos, MH.

Isak tangis keluarga dan umat seakan tidak mau henti saat menyaksikan detik-detik terakhir jenazah almarhum pastor Andreas Engselmus, CP. Umat Katolik di Kabupaten Sekadau berkabung atas kepergian pastor Andreas Engselmus.

Pastor Andreas Engselmuss meninggal dunia pada Kamis 6 Juli 2017. Jenazah Pastor Andreas di bawa dari Pontianak dan disemayamkan di Biara Passionis Sekadau.

Adapun riwayat hidup pastor Andreas Engselmus dibacakan pada saat misa requem oleh Pastor Martinus, CP. Pastor Andreas Engselmus lahir di Hulu Sangkan Kecamatan Sekadau Hulu pada 10 November 1965. Menurut catatan riwayat pendidikannya, Pastor Engselmus menamatkan pendidikan sekolah dasar di Tapang Perodah, menamatkan pendidikan SMP di SMPK Santo Gabriel Sekadau.

Masuk Postulat Pasionis tahun 1987 di Batu Malang. Menerima kaul kekal pertama 19 Juli tahun 1989 di Batu Malang. pada 22 Agustus tahun 1995 Pastor Engselmus menerima Kauk Kekal di Batu Malang. Pada 20 Februari 1997 beliau menerima Dioakan dan tepat tanggal 9 Agustus 1097 Pastor Engselmus menerima tahbisan imamat di Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau.

Tugas dan karya beliau pernah melakukan study di Australia dari tahun 1997 s/d tahun 2001. Pernah juga menjabat Direktur Topang, superior dan direktur biara Tanjung Hulu Pontianak. Tugas dan karya beliau terakhir adalah kepala sekolah SMA Talino Sungai Ambawang dan Dosen di STP Santo Agustinus Pontianak.

Bupati Sekadau Rupinus, SH. M.Si dalam sambutannya saat di Pemakaman Katolik Santo Yosep menyampaikan turut berbelasungkawa yang medalam atas meninggalnya pastor Andreas Engselmus.

“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Sekadau saya menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya pastor Andreas Engselmus, semoga segala karya dan pengabdiannya diterima oleh Tuhan yang maha esa dan bagi keluarga yang ditinggalkan bisa diberikan kekuatan dan ketabahan,” ungkapnya.

Bupati Rupinus menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas karya dan pengabdian yang telah diberikan oleh Pastor Andreas kepada umat dan kepada konggregasi Passionis. Bupati Rupinus juga menyampaikan terima kasih kepada umat katolik dan secara khusus kepada konggregasi passionis yang telah memberikan pelayanan sejak dari almarhum meninggal sampai pada prosesi pemakaman.

“Terima Kasih kepada almarhum pastor Andreas yang sudah mengabdikan diri spenuhnya kepada tuhan dan juga sudah memberikan pembinaan iman secara total dalam kepada umat,” ujar orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY