Ilustrasi Beras Bulog (Foto: Ist)
Ilustrasi Beras Bulog (Foto: Ist)

270 Ton Rastra Akan Disalurkan Kepada KPM

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Bidang Pengadaan, Operasional dan Pelayanan Publik (POPP) Bulog Kalbar, Suadi mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu menyiapkan kuota Beras Sejahtera (Rastra). Tahun ini akan disesuaikan dengan Pagu yang telah ditetapkan dari pemerintahan, seperti yang dilansir dari pontianak.tribunnews.com.

Suadi mengatakan bahwa berdasarkan data yang ada pada Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalimantan Barat, dalam program Rastra 2017 total pagu Kota Pontianak sebanyak 2.761.740 kilogram dengan sasaran 15.343 Rumah Tangga Miskin atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagaimana yang ditetapkan Kementerian Sosial.

Lebih lanjut, Suadi mengungkapkan bahwa setiap keluarga nantinya akan mendapat 15kg/bulan, dengan harga tebus Rp1.600 per kilogram di titik distribusi.

“Sistem penyalurannya dari Bulog sesuai dengan aturan kita, sebelum disalurkan harus ada SPA dari Pemerintah Kota atau kabupaten. SPA itulah nanti dibuatkan BO sebagai dasar penyalurannya,” ungkapnya.

Dirinya juga menerangkan bahwa tidak semua beras yang ada di Bulog merupakan beras rastra.

Peruntukannya disesuaikan dengan perintah. Bulog sendiri memiliki stok 230 ton beras yang akan dikelola. Semuanya berkategori sama, beras dengan kualitas medium.

“Stok beras bisa saja kami datangkan dari luar Kalbar dan juga bisa diambil dari pengadaan lokal. Itu harus diseimbangkan, jika bisa diserap dari lokal kita serap juga,” tandasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY