Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Membuka Festival Cap Go Meh 2568 Pontianak Dengan Memukul Gendang Sebagai Pertanda Dimulainya Rangkaian Acara (Foto: Fai)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Membuka Festival Cap Go Meh 2568 Pontianak Dengan Memukul Gendang Sebagai Pertanda Dimulainya Rangkaian Acara (Foto: Fai)

KalbarOnline, Pontianak – Perhelatan akbar Festival Cap Go Meh 2568 di Kota Pontianak resmi dibuka untuk umum mulai Selasa (7/2) lalu. Agenda budaya tahunan tersebut digelar hingga tanggal 12 Februari 2017 dan dipusatkan di Jalan Diponegoro.

Rangkaian kegiatan festival dimeriahkan dengan beberapa agenda, diantaranya festival kuliner nusantara, pesta rakyat, atraksi naga, pemilihan Gege Meimei, pawai naga bersinar, dan parade kostum.

Secara resmi, rangkaian akbar ini dibuka oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji dengan memukul gendang sebagai pertanda dimulainya rangkaian acara. Ketua panitia kegiatan, Abi Hasni Tahir mengatakan bahwa dengan adanya pekan kuliner festival, diharapkan bisa menarik dan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Pontianak dalam rangka Cap Go Meh pada tahun ini.

Sebanyak lebih dari 50 stand disediakan panitia yang ditata sedemikian rupa dengan aneka ornamen khas perayaan Imlek. Abi menambahkan, kegiatan tahun ini menurutnya mengalami peningkatan, terlihat dari segi penataan dan penyelenggaraan yang terkesan lebih rapi dari tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini juga menjadi pilar keharmonisan bagi seluruh elemen masyarakat di Kota Pontianak, sebab tidak hanya dapat dinikmati oleh satu etnis saja, namun semua lapisan masyarakat,” ujar Abi, Selasa (7/2) lalu.

Kegiatan tahun ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pemadam Kebakaran Swasta (APKS) Pontianak.

Walikota Pontianak, Sutarmidji mengungkapkan meski tahun ini penyelenggaraan Cap Go Meh hampir bersamaan dengan momentum Pemilihan Kepala Daerah serentak, namun tidak menjadi kendala bagi panitia untuk menyelenggarakannya.

“Kegiatan ini kan agenda pariwisata, jadi panitia tidak perlu takut dengan adanya Pilkada serentak. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Pontianak dan harus lebih meriah lagi dari tahun sebelumnya,” ujar orang nomor 1 (satu) di Kota Pontianak ini. (Fai)

Agenda Cap Go Meh 2017

“A celebration of lights and life”

7 – 12 February 2017

Jl.Diponegoro Pontianak

Nikmati momentum momentum terbaik bersama keluarga anda dan kunjungi :

7 – 12 Februari 2017

Festival Kuliner vaganza

Chinese Ghost House “The Forbidden City”

8 Februari 2017

Lomba Karaoke mandarin

Pesta Rakyat

9 Februari 2017

Prosesi Ritual “Naga Buka Mata”

Karnaval kostum Cap Go Meh

Festival Barongsai Mandiri

Malam adu Bakat Finalis Gege Meimei

10 Februari 2017

Grand Final Pemilihan Gege Meimei 2017

Pawai Naga dan Barongsai

Karnaval Kostum Cap Go Meh

11 Februari 2017

Pawai Cap Go Meh 2568 “12.00 – 15.00”

Pawai “Naga Bersinar” CGM | “19.00 – 21.00”

– Naga 7 Tim

– Barongsai

– Parade Karnaval Kostum

– Parade Mobil Hias

– Marching Band

– Gege Meimei lantern Parade

– Pawai Lampion 3 Etnis

– Perwati

12 Februari 2017

– Prosesi Ritual Pembakaran Naga

– Pesta Rakyat

Hadiri dan nikmati persembahan – persembahan lainnya, mulai dari :

Kuliner Nusantara

Beragam penampilan Tari dan Musik.

Beragam Games, dan souvenir

Hadiri dan nikmati salah satu potensi budaya dan pariwisata terbaik di Kalimantan Barat

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY