Bupati Sekadau, Rupinus Bersama Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Saat Membuka Penilaian Lomba Desa di Selalong (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus Bersama Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Saat Membuka Penilaian Lomba Desa di Selalong (Foto: Mus/Hms)

Bupati: Pembinaan Terus Dilakukan Secara Berkesinambungan

KalbarOnline, Sekadau – Lomba desa merupakan agenda rutin digelar setiap tahunnya. Penilaian lomba desa dilakukan di tujuh desa mewakili setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau. Kali ini penilaian lomba desa dilakukan di Desa Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir.

Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan, juara lomba desa tingkat kabupaten nantinya akan mengikuti lomba desa tingkat provinsi. Rupinus meminta, agar pihak desa mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari.

“Tidak ada lagi istilah mendadak. Jangan lagi bilang tidak siap,” tegasnya, saat membuka penilaian lomba desa di Desa Selalong, Senin (19/3).

Untuk itu, ia meminta lomba desa tahun depan ditentukan secepat mungkin. Sehingga, kata dia, ada waktu kurang lebih setahun untuk membina desa yang diikutsertakan dalam lomba desa.

“Pembinaan harus terus dilakukan secara berkesinambungan. Jangan hanya sampai disini saja atau saat perlombaan, tapi pembinaan harus terus menerus dilakukan,” ucapnya.

Camat Sekadau Hilir, Safi’i Yanto mengatakan, tujuan dari lomba desa yaitu untuk mengetahui pembangunan desa, meningkatkan gotong royong dan lain sebagainya. Ia mengatakan, hal itu salah satu upaya untuk mengetahui dna mengukur kinerja desa dalam pembangunan.

“Lomba desa mengandung makna, memotivasi desa dan masyarakat agar bersaing sportif dalam membenahi administrasi dan melakukan pembangunan fisik,” kata dia.

Ia mengatakan, sedangkan manajemen pemerintahan desa merupakan alat untuk menghargai keberhasilan pemerintahan desa. Untuk itu, ia mendorong kepala desa dan PKK se Kecamatan Sekadau Hilir untuk melakukan pembinaan secara berkesinambungan.

“Sehingga, dalam perlombaan nantinya jauh-jauh hari sudah dipersiapkan. Itu harapan kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Selalong, Jelani mengatakan, penilaian lomba desa di Selalong menjadi suatu sejarah. Mengingat, Desa Selalong terbilang merupakan desa baru hasil pemekaran dari Desa Sungai Ringin pada 2013 lalu.

“Untuk persiapan efektif dilakukan kurang lebih dua minggu. Kalau bertanding, kalah menang itu biasa, ketika ditunjuk kami siap mengikuti penilaian lomba desa tingkat kabupaten,” katanya singkat.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Sekadau, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Sekda Kabupaten Sekadau, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Staf Ahli, Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Forkopimka Sekadau Hilir. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY