Suasana Pembukaan O2SN - FLS2N Tingkat Kecamatan Sekadau Hilir (Foto: Mus)
Suasana Pembukaan O2SN - FLS2N Tingkat Kecamatan Sekadau Hilir (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Camat Sekadau Hilir,  Hermanto, S.Sos., M.Si membuka kegiatan Pekan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kecamatan Sekadau Hilir, yang ditandai dengan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya O2SN dan FLS2N tingkat, SD/MI yang diselenggarakan di SD Negeri 21, Desa Sungai Ringin, Jalan Irian, Senin (13/3).

Dalam sambutannya, Camat Hermanto mengatakan bahwa rutinitas ini merupakan salah satu regulasi pemerintah yang menjadi satu kebijakan secara nasional mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Propinsi, Nasional hingga sampai tingkat Internasional.

“Kegiatan ini juga bukan semata – mata kegiatan yang rutin akan tetapi Pemerintah memberikan ruang yang cukup kepada anak – anak kita untuk mengembangkan bakat dan kemampuan serta potensi yang ada pada dirinya,” ujarnya.

Sementara Kacabdin Sekadau Hilir, Hj Ratmi S.Pd, mengatakan bahwa kegiatan O2SN dan FLS2N merupakan ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran buat siswa-siswi dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa serta pengembangan sikap kepribadian siswa.

“Seperti sikap saling mengharagai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Kalah atau menang bukanlah tujuan, tetapi jadikan sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan yang baik,” katanya.

Sementara Ketua panita acara 02SN Sekadau, Salahudin S.Pd., MM atau yang akrab disapa Vijai mengatakan bahwa kegiatan tahunan ini sangat meriah sekali.

“Ini yang kesepuluh kalinya digelar di Sekadau, luar biasa meriahnya,” ujarnya.

Menurut Vijai, berlangsungnya acara ini tidak terlepas dari panita 02SN dan KKGO Kecamatan Sekadau Hilir yang merancang kegiatan pembukan ini.

“Untuk penutupan, kami panita inti akan menyerakan sepenuhnya kepada panita FLS2N untuk kegiatan penutupan nantinya,” tuturnya.

Diketahui, jenis lomba olaraga dalam O2SN, ada lima cabang olaraga yakni atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat dan karate.

“Sementara untuk lomba FLS2N yaitu baca puisi, nyayi solo, tari kreasi, dan pantomim serta lomba OSN MIPA,” tukas Vijai.

Sementara Koordinator 02SN SD/MI, Syabandi mengungkapkan, peserta yang turut serta dalam perlombaan SD sederajat.

“Untuk batas usia, yang boleh ikut adalah kelahiran minimal 1 Januari 2005,” katanya.

“Ini tingkat Kecamatan Sekadau Hilir, nanti Insha Allah kemungkinan April mendatang akan diadakan untuk tingkat se Kabupaten Sekadau dan kami akan koordinasi langsung ke Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau untuk memastikannya,” tandas Syabandi. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY