Pemukulan Gong Oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Pertanda Dibukanya O2SN - FLS2N Tingkat Kecamatan Mukok (Foto: Leo)
Pemukulan Gong Oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Pertanda Dibukanya O2SN - FLS2N Tingkat Kecamatan Mukok (Foto: Leo)

Wabup Ingatkan Jangan Mudah Terpancing Berita Bohong

KalbarOnline, Sanggau – Untuk pertama kalinya di tahun 2017 Orientasi Olah Raga Nasional (02SN) dan Festival Lagu dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kecamatan Mukok, kembali digelar yang dimulai sejak Selasa 7 Februari 2017 hingga 11 Februari 2017 di Desa Tri Mulya yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua GOW Ny Yohana Kusbariah, Anggota DPRD Dapil Mukok, Susana Erpena, S.Sos, sejumlah Kepala SKPD Forkopimka Mukok, sejumlah Kepala Desa setempat.

Kegiatan ini merupakan yang pertama diselenggarakan pada tahun 2017 di tingkat Kecamatan dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.

Panitia penyelengga, Jalaludin melaporkan bahwa penyelenggaraan yang mengambil tempat di Desa Tri Mulya merupakan giliran dari tiga tempat yang ditentukan untuk Kecamatan Mukok yakni Desa Semuntai, Desa Kedukul dan Desa Tri Mulya, selanjutnya dilaporkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 237 peserta tingkat SD, 121 peserta tingkat SMP serta 32 peserta tingkat SMK.

Adapun tujuan dari penyelenggaan ini adalah membangkitkan motivasi siswa/siswi agar lebih giat dalam meningkatkan prestasi di luar akademik khususnya olahgara dan seni serta memacu semangat guru olahraga dan kesenian agar mengembangkan potensinya secara maksimal dalam membina siswa sehingga berprestasi di tingkat Kecamatan Kabupaten Provinsi dan Tingkat Nasional.

Sementara, Wakil Bupati, Yohanes Ontot dalam sambutannya mengatakan bahwa ajang O2SN dan FLS2N jangan menjadi ajang suka-suka namun lebih dari itu bagaimana kegiatan ini membawa dampak yang berarti bagaimana meningkatkan prestasi dan menelurkan atlit atlit yang handal, terlebih pada tahun 2016 lalu Kecamatan Mukok hanya menduduki peringkat ketujuh dengan perolehan 6 (enam) emas 5 (lima) perak dan 3 (tiga) perunggu ini tentunya memerlukan kerja keras dan tekad semangat yang sungguh-sungguh dari peserta.

“Dan tentunya para guru sangat memiliki peranan penting bagaimana memoles dan mencetak para atlit agar di tingkat Kabupaten nanti dapat meningkatkan peringkat Kecamatan Mukok dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa dalam hal ini tentunya para guru dituntut untuk membina murid dengan baik dan dapat menseleksi dengan cermat.

“Karena kita akan mempersiapkan kader bangsa yang akan datang dan bukan saja di bidang olahraga dan seni namun tak kalah penting juga bidang akademik lainnya,” paparnya.

Selanjutnya Wakil Bupati juga menyinggung persoalan lainnya yang sedang hangat diperbincangkan di seluruh Nusantara. Ia mengingatkan para siswa siswi dan seluruh masyarakat untuk tidak muda terpancing dan tidak mudah percaya terhadap berita – berita yang dapat memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa terutama kehidupan bermasyarakat di desa.

“Jangan menyebar berita yang tidak benar atau memprovokasi, karena kita masyarakat Sanggau sangat cinta damai, kepada para guru, tokoh masyarakat dan para tokoh-tokoh lainnya diharapkan untuk selalu menyebarkan kesejukan dalam setiap kesempatan, berikan pencerahan iman dan sampaikan pesan – pesan kedamaian, karena saat ini kita sama – sama tahu, melihat dan mendengar bagaimana berita berita kebohongan sudah merasuk dalam kehidupan masyarakat,” tandasnya.

“Kepada guru – guru, kami titipkan anak – anak ini karena mereka harapan bangsa kita di masa mendatang, kalau salah dalam mendidik maka yang kita dapat nantinya adalah kesengsaraan, namun jika sejak dini anak – anak sudah kita tanamkan karakter berahlak mulia dan memiliki jiwa  dan semangat yang ingin maju, sudah tentu hasilnya akan sangat baik bagi Bangsa dan Negara Indonesia, khususnya Kabupaten Sanggau ini,” pungkasnya.

Selanjutnya dalam kesempatan itu, Wakil Bupati menyerahkan Piala Bergilir kepada Panitia Penyelenggara dan pemukulan Gong tanda dimulainya kegiatan ini. (Tkm / Leo)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY