Bujang dan Dara Gawai Dayak Sintang 2017 (Foto: Ist)
Bujang dan Dara Gawai Dayak Sintang 2017 (Foto: Ist)

KalbarOnline, Sintang – Grand Final Bujang dan Dara Gawai Dayak Kabupaten Sintang tahun 2017 yang dilaksanakan di Stadion Baning Sintang berjalan dengan sukses, aman dan lancer, Jumat (14/7) malam.

Meskipun sudah menginjak tengah malam, masyarakat tetap antusias menyaksikan acara tersebut hingga selesai.

Grand Final Bujang Dara Gawai Kabupaten Sintang tahun 2017 ini diikuti 19 finalis terdiri dari, 10 orang Finalis Bujang dan 9 orang finalis Dara, Mereka mewakili Kecamatan dan Sanggar Seni yang ada di Kabupaten Sintang.

Sesi pertama, para finalis Bujang dan Dara gawai ini memperkenalkan dirinya masing-masing kepada penonton dan dewan Juri. Usai perkenalan dari finalis, para dewan juri menentukan finalis yang layak masuk 6 besar Bujang dan 6 besar dara.

Sesi selanjutnya masing-masing finalis yang masuk 6 besar Bujang Dara wajib menjawab pertanyaan dari dewan juri yang ditentukan secara acak.

Setelah melakukan rekapitulasi nilai, lima orang dewan yakni Erna Wati, Fransiskus Danus, Yohanes, Kornelia Meilinda Betsyeba dan Rupina memuntuskan pemenang berdasarkan kategori, sebagai berikut:

– Pemenang Kategori Busana Terbaik di raih Bujang nomor undian 5, atas nama Samuel Kristianto.

– Bujang Dara Favorit berdasarkan jumlah like instagram, dimenangkan oleh Dara nomor undian 5, atas nama Victoria Delima dengan total like sah sebanyak 825.

– Pemenang Bujang Dara Berbakat diraih Bujang dengan nomor undian 2 atas nama Alpius,

– Kategori Bujang Dara Intelegensia di raih Dara nomor undian 10 atas nama, Agustina Salifani,

– Pemenang kategori Fotogenic diraih Dara nomor undian 3 atas nama Debora,

– Runner Up 2 Bujang diraih oleh Bujang nomor undian 4 atas nama Ongki Tanja M dengan jumlah nilai 2730,

– Runner Up 2 Dara diraih oleh Dara nomor undian 5 atas nama Victoria Delima dengan jumlah nilai 2810,

– Runner Up 1 Bujang diraih oleh Bujang nomor undian 6 atas nama Silfester Romy F dengan jumlah nilai 2910,

– Runner Up 2 Dara diraih oleh Dara nomor undian 14 atas nama Ireyke Dheby Saputri dengan jumlah nilai 2955,

– Bujang Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2017 dimenangkan oleh Nop Sukarno MT, pria nomor undian 10 ini meraih nilai tertinggi Bujang dengan total nilai 2950,

Dara Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2017 dimenangkan oleh Natalia Tridesiana, wanita dengan nomor undian 8 ini meraih nilai tertinggi dengan jumlah nilai 2983.

Ketua dewan juri, Erna Wati mengungkapkan bahwa penilaian dewan juri tidak hanya pada malam Grand final saja, penilaian sudah mulai dilakukan sejak peserta mengikuti masa karantina.

“Penilaian kami lakukan sejak karantina hingga malam ini,” unkap Erna.

Erna bersama juri lainya yakin keputusan pihaknya  ini adalah yang terbaik.

“Kami tidak berdebat, hanya diskusi, dan kami tidak kesulitan menentukan pemenang, keputusan ini adalah hasil penilaian kami selama ini,” ujar Erna.

Sisi lain, Erna juga mengungkapkan bahwa pihaknya merasa kecewa dikarenakan banyak perserta bujang dara gawai tahun ini belum menguasai salam budaya.

“Kedepan kita harapkan tidak ada lagi yang tidak menguasai salam budaya,” imbuhnya.

Sebagai pemenang bujang dan Dara Gawai, Nop Sukarno dan Natalia Tridesiana harus berkomitment mengayomi generasi muda di Sintang untuk mencintai dan melestarikan budaya lokal, serta mempromosikannya ke luar daerah.

“Saya senang dengan hasil terbaik saya di ajang ini, tentu kedepannya kami harus terus belajar agar dapat lebih baik lagi,” ujar Dara Gawai Natalia.

Para pemenang bujang dan dara ini akan mewakili Kabupaten Sintang dalam pemilihan bujang dan dara gawai tingkat Provinsi Kalimantan Barat. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY