Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Drs. Yohanes Tjin Tjun Fa, Saat Wawancara Singkat di Kantor DPRD Kubu Raya (Foto: Ian)
Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Drs. Yohanes Tjin Tjun Fa, Saat Wawancara Singkat di Kantor DPRD Kubu Raya (Foto: Ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Berita hoax atau berita yang sangat diragukan kebenaranya yang beredar luas di media sosial ternyata sangat meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yohanes, mengatakan bahwa informasi dari media massa adalah informasi yang sangat akurat, sedangkan berita hoax adalah berita yang  sengaja dibuat oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab, sehingga meresahkan masyarakat.

“Berita Hoax dan berita yang berasal dari media sosial akan sangat bertolak belakang. Karena media massa mempunyai sumber resmi. Dan merupakan berita yang berasal dari fakta di lapangan. Selain itu Berita dari media massa telah teruji kebenarannya, sedangkan berita hoax adalah berita yang sengaja dibuat keliru oleh oknum-oknum tertentu untuk membuat masyarakat resah, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya,” kata pria yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina Majelis Adat Budaya Tionghoa, di Sui Raya, belum lama ini.

Dirinya mengimbau agar masyarakat harus cerdas dalam mencermati setiap berita yang beredar di masyarakat, baik itu secara lisan ataupun di media-media sosial yang sumbernya belum ada kepastian untuk sebuah kebenaran dalam suatu berita.

“Saya minta masyarakat cermati secara cerdas dengan akal sehat, untuk menilai kebenaran dari suatu berita. Dan Masyarakat juga jangan cepat terpengaruh serta cepat mengambil kesimpulan, terhadap berita hoax yang dapat meresahkan dan merugikan diri pribadi dan masyarakat secara umumnya,” pungkasnya. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY