Berbekal Usaha yang Maksimal, Laskar Kumpang Juarai Sulang Betung Cup 2018 (Foto: Mus)
Berbekal Usaha yang Maksimal, Laskar Kumpang Juarai Sulang Betung Cup 2018 (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Pada partai final turnamen sepak bola Sulang Betung Cup 2018 mempertemukan Laskar Kumpang Vs Kumpang, berlangsung sengit, Minggu (13/5).

Manajer tim Laskar Kumpang, Abang Ade Usman kepada awak media mengatakan bahwa perjuangan tim asuhannya dalam meraih juara bukan suatu hal yang mudah.

Timnya, lanjut dia, telah melalui lima kali pertandingan pada babak penyisihan. Berbagai upaya seperti latihan fisik para pemian terus digenjot, sebagai upaya penguatan atau kekompakan tim.

“Untuk bisa bermain dalam tim, saya telah menunjuk seorang pelatih tim yakni Buiang Ramli. Jadi, setiap sore seluruh pemain tetap berlatih, tujuannya untuk menjaga kekompakan tim,” kata Ade Usman.

Lebih lanjut, ia mengatakan, tim sepakbola yang ia tangani harus mengedepankan sportifitas.

“Kendati masih bermain di turnamen antar club, namun permainan masing-masing pemain sudah sangat baik. Artinya, gaya bermain sudah jauh lebih baik,” tuturnya.

Club yang berasal dari Desa Nanga Kiukang ini sudah menjadi club sepakbola yang cukup disegani di Kabupaten Sekadau. Karena, setiap mengikuti open turnamen antar club sepakbola, timnya selalu masuk final.

“Untuk masuk final, Laskar Kumpang sudah melakoni 5 kali pertandingan. Karena sistem pertandingan adalah sistem gugur, maka tim yang saya bawa, tentu lima kali berturut-turut menang, kemudian baru main di final,” papar Ade.

Ade berharap semakin seringnya dilaksanakan turnamen di Sekadau, aka nada dampak yang sangat baik terutama bagi anak muda. Sebab, anak muda akan terus mengasah kemampuan mereka, seperti di olahraga sepak bola. Sehingga, menurut dia, kegiatan positif dapat membuat anak muda melupakan hal-hal negatif.

“Misalnya, kalau mereka banyak memiliki waktu senggang, maka akan muncul pikiran negatif. Tapi, kalau mereka sibuk dengan kegiatan positif seperti olahraga sepak bola, maka dampaknya adalah, tentu bisa mengurangi perbuatan yang negatif,” tukas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua panitia turnamen Sulang Betung Cup II 2018, Adi menuturkan, bahwa untuk tahun ini club sepak bola yang ikut berpartisipasi sebanyak 57 club dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau.

“Untuk para pemenang, panitia menyiapkan hadiah bagi para juara. Untuk juara I, panita menyiapkan uang pembinaan sebesar Rp8 juta plus tropi, juara II mendapatkan Rp6 juta plus tropi, sedangkan untuk juara III hadiah mendapatkan Rp4 juta plus tropi, untuk juara IV senilai Rp2 juta plus tropi,” papar Adi.

Selama pertandingan berlangsung, kata Adi, semua berjalan aman tanpa ada kendala apapun. Bahkan club sepakbola yang ikut telah menunjukan sportifitas yang baik dalam bertanding.

“Sesuai rencana untuk pembagian hadiah kepada para juara akan diserahkan oleh Bupati Sekadau, Rupinus, camat, kepala desa dan ketua panitia. Dalam kesempatan ini juga saya sebagai ketua panitia dan teman-teman di kepanitiaan mengucapkan terimakasih kepada para donatur dan semua yang terlibat, sehinga event ini berjalan baik dan lancar, terutama kepada pihak keamanan dari Polsek Sekadau Hulu,” tutupnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY