Berangkat Manggung ke Kendari, Ifan Seventeen Kaget Pesawat Yang Ditumpangi Banyak TKA Cina (Foto: IG)
Berangkat Manggung ke Kendari, Ifan Seventeen Kaget Pesawat Yang Ditumpangi Banyak TKA Cina (Foto: IG)

KalbarOnline, Nasional – Penyanyi band Seventeen, dengan nama lengkap Riefian Fajarsyah atau yang lebih dikenal dengan Ifan Seventeen, belum lama ini memposting sebuah video di akun Instagramnya.

Dalam video tersebut, ia menceritakan saat dirinya akan berangkat menuju Kendari, yang menjadi luar biasa adalah, dimana para penumpang pesawat yang ditumpanginya tersebut banyak warga negara asing asal Cina yang akan bekerja di Indonesia.

Dalam captionnya, Ifan menuliskan secara detail kejadian tersebut.

Berikut video dan captionnya melalui akun Instagram atas nama @ifanseventeen

ADA YANG SALAH DENGAN NEGERI INI • • Itu kata-kata yang pertama kali terlintas di kepala gw! Mungkin udah kelima kalinya gw terbang ke daerah Sulawesi, 70-80% penumpangnya adalah tenaga kerja asli Cina, yang gak bisa Bahasa Inggris apalagi Bahasa Indonesia. Terakhir hari ini pesawat ke Kendari sekitar 70-80 orang isinya mereka semua. • • Sempet bikin merinding waktu Seventeen harus manggung di Morowali, 95% isi pesawatnya adalah tenaga kerja asli Cina, let's say sekitar 130 orangan kali ya. GILA SIH, LO BISA BAYANGIN, SERASA ADA DI NEGERI LAIN. Dan menurut info pramugarinya, "IT HAPPENS EVERYDAY" GILA!! Seventeen manggung di Morowali 6 bulanan yang lalu, kalo itu terjadi tiap hari??! SEKARANG UDAH RUAMEEE BANGET BERARTI!! • • Dari info yang gw tau ini juga terjadi di Bogor, Solok Selatan (Sumbar), Manokwari (Papua) dan entah mana lagi. Men, gw sih gak akan ngomong soal politik karna bukan kapasitas gw. • • TAPI SATU HAL YANG ADA DI KEPALA GW ADALAH, Pada saat Indonesia masih berlebihan SDM nya, masih banyak pengangguran, bahkan kita masih banyak mengirimkan sodara-sodara kita buat kerja bertaruh nyawa di negeri orang, kenapa kita harus memasukkan tenaga kerja dari negeri lain?!

A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on

Atas postingan Ifan itu, lantas menimbulkan sejumlah komentar beragam dari warganet.

Berikut komentar warganet:

andahseptiana: Hal yg sama sy rasakan ketika transit di cengkareng naek shuttle bus mw ke terminal 1 atw 2 pasti byk ketemu yg beginian sm gk bs bhs inggris apalagi indonesia, sy berfikir apakah setiap sy mudik byk turis yg beginian berkunjung ke indonesia (berusaha husnuuzon)

awanzthopia: Itu sudah termasuk kesepakatan dengan negeri itu ,istilahnya done deal. Lu olang dapet Pinjaman dari Oe nah sebagai ganti Lu musti jamin warga Oe di negeri lu ha.

meliani_aboobaker: Betul aku juga gtu waktu naik peswat mau ke wakatobi.mereka turun nya di kendari .kmrin kan transit kendri dlu..penuh dengan orang2 cina yg ngk bisa bhsa indonesia @ifanseventeen

fauzifirmans: Gue suka nih sama musisi yg kritis dan gak apatis….sukses selalu abang ganteeeng

mas_fai89: Plis bang jangan ikut politik lanjut terus seventeen aja bang @ifanseventeen pliiiiiiiiis….

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY