Wakil Bupati Sintang, Askiman Foto Bersama Dengan Para Kegiatan Workshop program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) tahun 2016 bertempat di Balai Ruai Rumah Jabatan Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang, Askiman Foto Bersama Dengan Para Kegiatan Workshop program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) tahun 2016 bertempat di Balai Ruai Rumah Jabatan Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman membuka secara resmi kegiatan Workshop program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) tahun 2016 bertempat di Balai Ruai Rumah Jabatan Bupati Sintang, Senin (21/11/2016).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sintang mengatakan, kegiatan workshop progran Generasi Sehat dan Cerdas ini sangat penting dilaksanakan pasalnya guna memberikan pemahaman untuk melaksanakan program pola hidup yang sehat.

“sehingga masyarakat di Kabupaten Sintang bisa sehat secara jasmani maupun rohani,” kata Askiman.

Kegiatan GSC ini, menjadi wadah guna memberikan motivasi yang kuat kepada pemerintah tingkat desa, untuk dapat memberikan pemahaman pentingnya kesehatan dan kecerdasan didalam kehidupan bermasyarakat, sehingga hasilnya tidak sia-sia, apalagi kesehatan dan kecerdasan merupakan dua sektor yang saling berkaitan.

Dikatakan Askiman hidup sehat merupakan hal yang  sangat penting, penekanan kesehatan perlu dimulai dari lingkungan sekitar masyarakat, “kita harus laksanakan pola hidup sehat, jika kita sehat tentu faktor lainnya akan menunjang, termasuk faktor kecerdasan akan meningkat,”  tutur Askiman.

“di sektor cerdas, saya juga menghimbau untuk merubah pola kebiasaan yang lama, jangan malas, jika orang malas tentu orang tidak akan cerdas, orang akan cerdas kalau bekerja keras, orang akan berhasil jika dia mau bekerja keras, ini harapan kita kepada masyarakat, saya yakin, pola yang lama harus bisa kita rubah,” ajak Askiman.

Pada kesempatan yang sama Askiman berpesan Kepada pihak BPMPD Kabupaten Sintang supaya mengfungsikan anggaran sesuai peruntuknyya.

“dengan dana yang tidak kecil untuk program PNPM di bidang GSC haruslah digunakan dengan tepat sasaran agar mendapatkan hasil capaian akhir yang memuaskan,” tutur Askiman.

“ jangan ada program yang masuk ke desa, kemudian kita lalai dalam menanganinya, apapun kegiatan yang berkaitan dengan desa harus dilaksanakan dengan tepat, harus ada hasil akhirnya, agar tidak sia-sia,” tambahnya.

Kepala BPMPD yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Maksimus mengatakan, program generasi sehat dan cerdas merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan, khusus dibidang kesehatan dan pendidikan,

“tentnunya melalui program sehat dan cerdas ini dapat mengurangi kemiskinan dan mendorong terciptanya generasi yang kita harapkan yaitu generasi sehat dan cerdas.” Kata Maksimus

Selain itu lanjut Dia, kegiatan GSC ini bertujuan untuk mengevaluasi permasalahan program generasi sehat dan cerdas, memperkuat lintas sektor dalam penanggulangankemiskinan, “sehingga dapat dikatakan sasaran untuk meningkatkan kinerja program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sintang melalui perumusan kebijakan yang komprehensif terkait pengelolaan dalam generasi sehat dan cerdas.” Tutur Maksimus. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY