KalbarOnline, Sintang  –  Peredaran narkoba akhir-akhir ini mulai merambah pedalaman Kabupaten Sintang. Untuk itu, perlu keroyokan dalam menangkal bahaya narkoba masuk lebih jauh ke pedalaman, termasuk diperlukannya peranan organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang memiliki unit organisasi sampai ke desa. Demikian disampaikan Wakil Bupati Sintang Askiman saat membuka Rapat Kerja Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (07/8/2016)

“dengan memiliki struktur organisasi sampai ke desa, PKK bila digerakan dengan baik, maka saya meyakini hasilnya akan baik. Saya juga percaya peranan kaum wanita dalam mendidik anak-anaknya untuk menjauhi narkoba lebih efektif dan menyentuh,” Kata Askiman.

Selain Narkoba, Kabupaten Sintang juga tengah menghadapi kasus rabies yang telah merengut korban Jiwa, sebagai langkah antisipasi, Askiman meminta semua pihak turut serta dalam memerangi rabies.

“Saya juga minta di kecamatan dan desa dibentuk pos penanganan rabies, dan imbau masyarakat supaya mendaftarkan hewan anjing peliharaanya.”pinta Askiman

“Selain itu PKK Kecamtan dan Desa juga hrus turut andil dalam memberikan pemaham kepada masyrakat tentang bahaya rabies, ,”Tambah Askiman.

Dalam kesempatan tersebut, Askiman juga mengharapkan agar kepala desa juga memahami tugas PKK, supaya bisa mendukung program PKK di tingkat desa.

“Bagi ketua TP PKK desa yang baru, tentu belum banyak memahami tugas PKK. Untuk itu, pelajari pelan-pelan,”Pinta Askiman.

Lebih lanjut, Kata Askiman bagi pengurus PKK Kabupaten Sintang agar susun program kerja yang strategis supaya bisa mendapatkan dukungan dana dari Pemda.

“Dana yang sudah diberikan, jangan lupa pertangungjawabkan dengan benar,” pesan Askiman.

Askiman juga meminta Ketua TP PKK kecamatan dan desa mendukung penuh tugas-tugas camat dan kepala desa. Camat dan PKK kecamatan agar membina dan mengarahkan PKK desa.

“PKK desa juga jangan malu dan malas untuk bertanya dan konsultasi dengan PKK kecamatan,”pesan Askiman

Ketua TP PKK Ny. Rosinta Askiman menjelaskan ada program yang belum sukses dilaksanakan sehingga perlu evaluasi dan penyusunan rencana kegiatan yang baik dengan memperhatikan nilai yang ada.

“Program yang sudah disusun harus mampu kita laksanakan supaya tujuan mulia adanya PKK bisa dicapai, untuk itu kami mohon dukungan nyata dari instansi terkait supaya program kami bisa berjalan,”Ungkapnya.

Ketua panitia Ny. Prihartati Chairil mengharapkan agar PKK mampu mendorong dan membantu mewujudkan keluarga yang beriman, sehat sejahtera lahir dan batin. “untuk itu perlu dukungan dan koordinasi di semua jenjang pemerintahan. Menyusun program kerja juga secara berjenjang,”Pungkasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY