Karhutla di Dusun Mulyorejo Semakin Mendekat ke Bandara Supadio, Tim SAR Polda Kalbar Ikut Turun Padamkan Api

KalbarOnline, Kubu Raya – Hampir sepekan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada lahan gambut di Dusun Mulyorejo, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, belum juga benar-benar padam.

Bahkan titik api yang muncul sejak hari Senin (29/05/2023) itu terlihat semakin mendekat ke arah kawasan Bandara Internasional Supadio Pontianak pada Sabtu (03/06/2023) pagi.

Menanggapi hal itu, Tim SAR Direktorat Samapta Polda Kalbar pun ikut ambil bagian dalam upaya melokalisir dan memadamkan api–bergabung bersama tim lainnya yang terdiri dari Tim penanggulangan Karhutla TNI, BPBD Provinsi Kalbar, Polres Kubu Raya, BPBD Kabupaten Kubu Raya, Manggala Agni, MPA Desa Limbung, PMI Pontianak, damkar swasta, relawan dan unsur-unsur masyarakat lainnya.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto melalui Dirsamapta Polda Kalbar, Kombes Pol Permadi Sahid Putra menjelaskan, bahwa kebakaran di lokasi yang telah mendekati kawasan Bandara Internasional Supadio Pontianak tersebut kini menjadi atensi dan prioritas.

Baca Juga :  Biro Travel Tetap Terima Pendaftaran Jemaah Umrah

“Lokasi penyebaran api sudah mendekat ke arah kawasan Bandara Internasional Supadio Pontianak, ini akan berpotensi membahayakan lalu lintas penerbangan yang akan berdampak pada stabilitas ekonomi di Kalimantan Barat,” kata Permadi.

Saat ini, lanjut Permadi, penyebab kebakaran sendiri masih diselidiki oleh Polres Kubu Raya, sedangkan area yang terbakar sampai hari ini diperkirakan telah meluas mencapai kurang lebih 8 hektare.

Alhasil, walaupun saat ini bertepatan dengan hari libur nasional dan long weekend, namun anggotanya tetap diturunkan ke lokasi untuk melaksanakan upaya melokalisir dan memadamkan karhutla tersebut bersama tim terpadu lainnya.

Baca Juga :  Dewan Minta Polisi Usut Tuntas Karhutla di PT Prana Indah Gemilang

“Dalam menangani karhutla tidak ada kata libur, karena karhutla kapanpun bisa terjadi, apalagi cuaca panas dalam waktu  beberapa hari saja bisa dijadikan kesempatan bagi oknum masyarakat maupun korporasi untuk membakar lahan yang tidak sesuai aturan,” terang Permadi. (Jau)

@kalbaronline

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji membuka Festival Kapuas Award 2023. Berbagai macam perlombaan digelar, mulai dari catur, bridge, hingga kano. Kegiatan ini dipusatkan di Kampung Wisata Caping, Gang H. Salmah, Imam Bonjol, Pontianak, mulai dari 2-4 Juni 2023. — Ikuti Fanspage Facebook, Twitter, dan YouTube kami di KalbarOnline.com. — #kalbaronline #tahudarikalbaronline #kalbaronlinedotcom

♬ suara asli – kalbaronline – kalbaronline

Comment