Sekjen Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama 2024

KalbarOnline, Bandung – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Suyus Windayana menerima penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama pada Sidang Terbuka Peringatan 104 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia. Acara ini berlangsung di Aula Barat Institut Teknologi Bandung pada Rabu (03/07/2024).

Penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama diberikan kepada pihak, baik institusi maupun individu yang telah menunjukkan jasa dan/atau prestasi yang menonjol dalam melaksanakan pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) di tingkat internasional, nasional atau ITB.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Dalam hal ini, Suyus Windayana dianggap berhasil membawa Kementerian ATR/BPN melakukan transformasi manajemen dalam pengelolaan maupun dalam pelayanan pertanahan. Di samping itu, sistem tata kelola pertanahan dianggap telah mengalami berbagai inovasi yang signifikan.

Satu di antaranya adalah layanan elektronik yang ditandai dengan penerbitan Sertifikat Tanah Elektronik.

“Ini adalah penghargaan dari ITB bagaimana pemanfaatan IPTEK di Kementerian ATR/BPN, khususnya untuk yang sudah kita lakukan mulai dari 2020-2024, hingga akhirnya kita bisa meluncurkan Sertifikat Tanah Elektronik,” ujar Sekjen Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga :  Serahkan Bantuan Mobil Dinas ke BPN, Ini Harapan Sekda Kapuas Hulu

Suyus Windayana juga mempersembahkan penghargaan ini bagi seluruh insan Kementerian ATR/BPN. “Ini kerja keras semua, bukan hanya saya. Tapi juga pimpinan-pimpinan sebelumnya, yang memberikan tantangan, bagaimana layanan pertanahan harus lebih modern dan harus memberikan dampak kepada masyarakat khususnya dalam pengelolaan pertanahan dan layanan pertanahan,” ucapnya.

Sejalan dengan hal itu, Sekretaris ITB, Widjaja Martokusumo saat memberikan penghargaan mengungkapkan harapannya akan penghargaan yang diberikan bisa menjadi motivasi bagi seluruh pihak.

“Semoga penganugerahan penghargaan ini, dapat mendorong kemajuan pendidikan teknik di Indonesia lebih jauh lagi serta memotivasi kita semua. Sehingga, dapat semakin berkontribusi dan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi kemajuan pendidikan tinggi teknik di Indonesia,” pungkas Widjaja Martokusumo.

Selain penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama, ITB juga memberikan penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama, penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama, Ganesa Widya Jasa Utama, dan Ganesa Wirya Jasa Utama.

Baca Juga :  Menteri AHY Dampingi Presiden Joko Widodo Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah untuk Masyarakat Banyuwangi

Tidak hanya pemberian penghargaan, dalam peringatan 104 tahun PTTI juga dilakukan Orasi Ilmiah oleh I.G.B.N Makertihartha dengan tema Pengembangan Teknologi Proses Produksi Bahan Bakar Nabati di Indonesia. Adapun Sidang Terbuka ini diikuti oleh Majelis Wali Amanat, Rektor, Dekan, dan Civitas Academica ITB.

Usai menerima pengharhargaan, Suyus Windayana mengunjungi prodi tempat ia menyelesaikan kuliahnya tahun 1992 lalu. Sekjen Kementerian ATR/BPN disambut oleh seluruh jajaran Prodi Teknik Geodesi dan Geomatika, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, ITB.

Hadir mendampingi Sekjen Kementerian ATR/BPN, Ketua IKAWATI ATR/BPN, Dian Nadiah, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi, Deni Santo, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN, serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Yanuar Hikmat Ginanjar beserta jajaran. (Jau)

Comment