Bank Kalbar Sabet Penghargaan Nasional Sebagai Top Bank dengan Modal Inti Kurang dari Rp 6 Triliun

KalbarOnline, Pontianak – Torehan Kinerja apik Bank Kalbar di tahun 2023 berbuah manis dengan semakin banyaknya pihak-pihak yang terus menerus memberikan apresiasi. Setelah Surat Kabar Nasional Bisnis Indonesia, Warta Ekonomi, Economic Review, TOP Business, kali ini The Iconomics Media turut serta memberikan apresiasi kepada Bank Kalbar.

The Iconomics Media memberikan penghargaan Top Bank Awards 2024  kepada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) dengan kategori KBMI 1 (Bank dengan modal inti kurang dari Rp 6 triliun). Bank Kalbar di bawah kepemimpinan Rokidi dinilai memiliki kontribusi serta kinerja terbaik pada tahun 2023.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Penghargaan bergengsi tersebut, diterima langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Bank Kalbar, Rokidi, dalam acara 5th Anniversary Indonesia Top Bank Awards 2024 yang dirangkai dengan acara Banking Summit, bertajuk “Turbulensi Ekonomi Global dan Ketangguhan Perbankan Nasional” di Sultan Hotel & Residence, Jakarta pada Kamis, (20/06/2024).

Usai menerima penghargaan, Rokidi menyampaikan ucapan terima kasih kepada The Iconomics Media yang telah menganugerahi penghargaan kepada Bank Kalbar. Ia menyatakan, bahwa keberhasilan kinerja Bank Kalbar juga tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten se Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Peringati Hari Air Sedunia, PDAM Sirin Meragun Bersama Bank Kalbar Gelar Senam Bersama

“Keberhasilan kami tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, terutama gubernur, bupati dan walikota serta DPRD, baik provinsi maupun daerah se Kalimantan Barat. Juga seluruh nasabah serta masyarakat Kalbar yang telah setia mendukung eksistensi Bank Kalbar dalam dunia perbankan dan dalam mengelola keuangan daerah,” katanya.

Rokidi menyatakan komitmennya dan bertekad akan mengelola Bank Kalbar dengan sebaik-baiknya, agar bank dengan tagline Bank Kite Punye Kite ini, tetap memberikan kontribusi secara maksimal, baik dalam pembangunan maupun dalam memberikan dividen, sebagaimana yang diinginkan oleh pemegang saham.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk stakeholder dan shareholder Bank Kalbar. Tanpa mereka, kami bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Penghargaan ini merupakan wujud dan komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, nasabah serta seluruh pemangku kepentingan,” ucap Rokidi.

Acara 5th Annivesary Indonesia Top Bank Awards 2024 diselenggarakan oleh The Iconomics Media bekerja sama dengan Axia Riset. Penghargaan ini telah memasuki tahun kelima pada tahun 2024. Penghargaan diberikan kepada bank-bank yang memiliki kontribusi dan kinerja terbaik pada tahun 2023.

Baca Juga :  Ini Langkah Bandara Cegah Pemalsuan Surat Hasil Test Covid-19

Dalam menentukan penerima penghargaan Top Bank 2024 ini, The Iconomics mengacu pada kinerja keuangan perbankan tahun 2022 hingga 2023, dengan melihat dua parameter sebagai penilaiannya, yakni Profitabilitas dan Rentabilitas dengan penilaian Rank Financial Indicator dengan bobot 60 persen dan Rank Financial Growth Indicator dengan bobot 40 persen.

Penilaian tersebut, akan dikomparasikan dengan perbankan lainnya di masing-masing kategori Kelompok Bank Modal Inti (KBMI).

Penilaian juga didasarkan pada Rank Financial Indicator, adalah penilaian yang diberikan kepada perbankan secara peringkat, berdasarkan angka kinerja keuangan dalam satu daftar kelompok perbankan. Sedangkan penilaian berdasarkan Rank Financial Growth Indicator adalah penilaian yang diberikan kepada perbankan atas pencapaian atau progress kinerja keuangan dari tahun sebelumnya. (Jau)

Comment