Pj Bupati Kamaruzaman Resmikan 123 Lapak Swadaya Pasar Bahagia Kuala Dua

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman meresmikan 123 lapak swadaya pedagang Pasar Bahagia Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, pada Jumat (28/6/2024).

Selain menjual kebutuhan pokok, pasar yang beroperasi mulai pukul 02.00 dini hari itu juga menyuplai untuk pasar induk Kota Pontianak yakni Pasar Flamboyan.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Syarif Kamaruzaman mengatakan, setelah diresmikan, pelaku pasar segera mendapatkan akses kredit usaha rakyat sehingga semakin kokoh menopang perekonomian masyarakat dan berdampak pula kepada para petani penghasil komoditas.

“Pasar ini ke depan bisa menjadi sebuah model bagi pasar-pasar yang masih ilegal. Pemerintah daerah juga memberikan izin kepada mereka secara gratis supaya dapat berusaha dengan baik, tenang, dan legal dengan diberikannya dasar hukum kepada pedagang,” katanya.

Baca Juga :  Polres Kubu Raya Amankan Pelaku Persetubuhan Anak Bawah Umur

Kamaruzaman menjelaskan lapak yang disediakan berjumlah 123 unit dan melebihi dari jumlah pedagang. Sehingga relokasi tersebut sangat mencukupi.

“Lebih banyak lapaknya ketimbang pedagangnya dan kita terus melakukan komunikasi agar pedagang yang berada di luar bisa pindah ke dalam,” ujarnya.

Kamaruzaman menambahkan, pada peresmian itu, dirinya turut menghadirkan sejumlah kepala perangkat daerah terkait. Hal tersebut demi mengoptimalkan keberadaan pasar dengan segala fasilitas pendukungnya. Terutama terkait dengan lahan parkir agar pihak pengelola bisa menertibkan guna kelancaran mobilitas masuk-keluar orang dan barang.

“Selanjutnya dari sisi kesehatan terkait dengan higienitas, pasar ini memberikan keyakinan kepada pembeli bahwa ini pasar sehat dari aspek pengolahan dan tata kelola limbah-limbah yang ada,” katanya.

Baca Juga :  Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak 2018, Ini Pesan Ketua KPU Kubu Raya

“Termasuk dari Satpol PP bagaimana untuk mengamankan kondisi supaya pembeli dan pedagang bisa bertransaksi dengan lancar,” tambah Kamaruzaman.

Selanjutnya, ia juga meminta dinas komunikasi dan informatika untuk bisa memberikan informasi terkait keberadaan Pasar Bahagia tersebut.

“Sehingga dapat diketahui oleh masyarakat bahwa Desa Kuala Dua memiliki pasar yang bisa menampung 123 pedagang yang direlokasi,” tutupnya. (Jau)

Comment