Cara Aman Atasi Obesitas

RSUD SSMA Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Obesitas merupakan kondisi kelebihan berat badan yang disebabkan oleh penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Hal ini diakibatkan ketidakseimbangan antara asupan energi dan pengeluaran energi dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya masalah estetika tubuh, obesitas juga merupakan masalah kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit tidak menular beragam.

Berita baiknya adalah, bahkan penurunan berat badan yang kecil sekalipun dapat membantu memperbaiki atau mencegah masalah kesehatan terkait dengan obesitas. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara aman mengatasi obesitas.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Obesitas memiliki beberapa jenis, antara lain obesitas android yang berbentuk seperti buah apel, obesitas ginoid yang berbentuk seperti buah pir dan obesitas sentral atau gemuk pada bagian perut,” kata Daryati SKM kepada 13 pasien dan pengunjung di RSUD SSMA Kota Pontianak, Jumat (28/06/2024).

Baca Juga :  Momentum Sumpah Pemuda, Edi Kamtono Ajak Pemuda Peduli Lingkungan dan Sesama

Menurut Daryati, obesitas dapat disebabkan oleh kebiasaan makan dalam jumlah besar dan sering, konsumsi makanan manis, makanan berlemak, serta kurangnya konsumsi sayur. Selain itu, kurangnya aktivitas fisik, latihan fisik yang tidak teratur, dan faktor psikologis seperti stres, depresi dan emosional juga dapat menyebabkan obesitas.

“Seseorang yang menderita obesitas cenderung mudah lelah, kurang percaya diri, sulit menemukan pakaian yang pas, dan berisiko terkena berbagai jenis penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, stroke, osteoporosis, batu empedu, masalah pernapasan dan kanker,” ujarnya.

Bagi individu yang sudah mengalami obesitas, Daryati memberikan tips untuk menurunkan berat badan secara aman, seperti mengurangi porsi makan, mengonsumsi makanan bervariasi, meningkatkan konsumsi sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Baca Juga :  Pantang Lemas Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Daryati juga menganjurkan untuk memasak dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang, mengurangi penggunaan minyak dan santan, serta membatasi konsumsi makanan dan minuman manis.

“Hindari makanan yang tinggi garam dan bahan pengawet, serta mengurangi susu tinggi lemak dan keju. Lakukan latihan fisik minimal selama 30 menit setiap harinya juga sangat disarankan,” terangnya.

Obesitas bisa dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti mengkonsumsi nutrisi yang seimbang, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, dan rutin menimbang berat badan. (Jau)

Comment