Cara Cegah Penyakit Diare

KalbarOnline, Pontianak – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang kurang diperhatikan menjadi penyebab penularan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diare. Hal ini disampaikan oleh perawat RSUD SSMA Kota Pontianak, Siti Rahima Harahap dalam penyuluhan tentang pencegahan diare dengan PHBS, di RSUD SAMA Kota Pontianak, Selasa (25/06/2024).

Siti menjelaskan, bahwa diare adalah kondisi di mana seseorang mengalami peningkatan frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali sehari, dengan tinja berbentuk cair atau setengah cair.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Menurut Siti, salah satu penyebab utama diare adalah kurangnya perhatian terhadap PHBS, yang menyebabkan infeksi oleh virus, bakteri, atau parasit seperti protozoa, cacing perut, dan jamur dalam saluran pencernaan.

Baca Juga :  Hati-hati! Gubernur Sutarmidji Cium Aroma Gratifikasi di Proses Urus Pangkat dan Gaji Berkala Para Guru Daerah

Selain itu, Siti menambahkan bahwa gangguan penyerapan karbohidrat, lemak, dan protein, konsumsi makanan basi dan beracun, serta kondisi emosional seperti rasa takut, cemas, dan stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan diare.

“Saat mengalami diare, penting untuk meningkatkan asupan cairan dengan minum oralit, Larutan Gula Garam (LGG), air matang dan makan sedikit, tapi sering, untuk mencegah dehidrasi dan meredakan rasa mual yang disebabkan oleh diare,” ujarnya saat memberikan penyuluhan.

Dia juga menyarankan, apabila diare tidak kunjung membaik setelah tiga hari, disertai dengan muntah, penurunan nafsu makan, demam, dan tinja berdarah, segera membawa ke layanan kesehatan terdekat.

Baca Juga :  Kenali Latihan Fisik Bagi Lansia Penderita Diabetes

Untuk mencegah diare, Siti menekankan pentingnya menerapkan PHBS baik di rumah maupun lingkungan sekitar. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain mencuci tangan sebelum makan dengan benar, membersihkan peralatan makan dan minum, memasak makanan hingga matang, merebus air hingga mendidih, menghindari konsumsi makanan basi, beracun, dan alergen, menggunakan jamban untuk buang air besar serta menghindari stres.

Dengan edukasi PHBS yang tepat, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mencegah terjadinya diare. (Jau)

Comment