Popda Sebagai Bagian dari Sistem Penjaringan Berjenjang dan Berkelanjutan

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari menyampaikan, bahwa Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalbar Tahun 2024, diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga pelajar yang berjenjang dan berkelanjutan pada tingkat daerah. Hal itu disampaikan Windy saat memberikan sambutan pada pembukaan Popda Kalbar Tahun 2024 di GOR Terpadu Ahmad Yani Pontianak, pada Senin (24/06/2024).

Dengan demikian, popda juga merupakan ajang seleksi bagi para atlet pelajar menuju babak kualifikasi/Pra Popnas dan Popnas sebagai puncak ajang pelajar yang tertinggi tingkat Nasional bahkan diharapkan mampu sebagai momentum dalam peningkatan prestasi olahraga di tingkat Asean School Games dan di ajang olahraga lainnya.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah menjaring bibit atlet pelajar potensial untuk dibina dan disiapkan dalam rangka keikutsertaan Provinsi Kalimantan Barat pada event Pra Popnas tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah,” katanya.

“Dengan harapan, lahir atlet-atlet pelajar daerah Kalimantan Barat yang berdaya saing dan berprestasi, dapat berkompetisi dan bersaing baik dalam tingkat lokal, nasional maupun internasional, serta dapat menjadi insan yang unggul dari lainnya,” tambah Windy.

Dirinya menerangkan, bahwa Popda Kalbar kali ini juga merupakan rangkaian dari event Kalbar Award Chapter 2 Tahun 2024 yang merupakan kolaborasi dan sinergi dari pengembangan di bidang kepemudaan, olahraga, pariwisata serta ekonomi kreatif, dengan menghadirkan berbagai kegiatan antara lain pemuda, olahraga, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga :  Keliling Kalbar, Windy Prihastari Garap Keunikan dan Potensi Desa Wisata Menuju ADWI 2023

“Popda Kalbar Tahun 2024 ini diikuti oleh sebanyak 1.500 atlet yang berasal dari 14 kabupaten dan kota se-Kalbar,” ujarnya.

Dalam pidatonya, Windy turut menyinggung soal keberadaan GOR Terpadu Ayani Pontianak yang baru saja diresmikan oleh Pj Gubernur Kalbar pada tanggal 16 Juni 2024. Ia berharap keberadaan GOR ini mampu mendongkrak prestasi para atlet dan olahraga di Kalbar.

“Perlu kami sampaikan bahwa dalam pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kalbar Tahun 2024 ini dilaksanakan di Gedung kebanggaan kita semua, GOR Terpadu Ahmad Yani yang baru saja diresmikan oleh Bapak Pj Gubernur Kalimantan Barat pada tanggal 16 Juni 2024,” katanya.

Windy menyatakan, bahwa pembangunan GOR ini telah melalui proses panjang dan penuh tantangan. Hal ini diawali oleh komitmen yang tinggi dari Pemprov Kalbar dalam menghadirkan fasilitas olahraga yang representatif bagi masyarakat.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada Bapak Pj Gubernur Kalimantan Barat, dengan penuh jerih payah dan dedikasi yang tak kenal lelah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah menorehkan prestasi gemilang dalam pembangunan GOR Terpadu Ayani,” tutur Windy.

Baca Juga :  Pj Ketua PKK Windy Optimis Angka Stunting Kalbar Terus Turun

GOR Terpadu Ayani, lanjut Windy, adalah bukti bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi, Kalbar bisa mencapai cita-cita besar yang bermanfaat bagi generasi sekarang dan mendatang.

“Kami yakin upaya yang gigih dan kerja keras yang tanpa henti menjadi bukti nyata bahwa dengan tekad yang kuat, mimpi besar dapat diwujudkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Popda Kalbar Tahun 2024 ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson Azroi.

Popda Kalbar 2024 mempertandingkan sebanyak 8 cabang olahraga, diantaranya sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw, tenis lapangan, tinju dan pencak silat. Cabang-cabang itu akan memperebutkan 108 medali dan trophy juara umum Gebyar Kejuaraan Olahraga Pelajar se-Kalimantan Barat pada Kalbar Award Chapter 2 Tahun 2024.

Popda Kalbar 2024 dilaksanakan selama 5 hari, dari pembukaan sampai penutupan, mulai dari tanggal 24 sampai 28 Juni 2024. Popda ini dilaksanakan di beberapa venue, antara lain GOR Pangsuma, Lapangan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Lapang PSP Kota Pontianak, Lapangan Perbasi Kota Pontianak, GOR Bumi Khatulistiwa, GOR Bulutangkis Glory, Lapangan Tenis Sutera, Lapangan Tennis Indoor Katamso dan GOR Bulutangkis Tabrani Ahmad Kota Pontianak. (Jau)

Comment